Nomor 2 | WOMUNIKASI

Oktober 2012
INDONESIA

Volume | ‘ JURNAL
ISSN 2301-9816

Trik Lama di Era Baru: Swasensor
dalam Jurnalisme Indonesia

Ross Tapsell

Abstrak

Meskipun Indonesia telah memasuki era demokrasi dan kebebasan pers, self-censorship
tetap eksis di praktik profesional di banyak jurnalis koran Indonesia. Indonesia memiliki
sejarah sensor yang panjang, terutama terkait tekanan dari Pemerintah yang mendorong
jurnalis untuk melakukan swasensor terhadap karya mereka. Swasensor memang telah
didorong dan dipromosikan melalui nilai-nilai yang diinternalisir dan diinstusionalisasi di
banyak publikasi koran Indonesia. Melalui wawancara dengan para jurnalis yang bekerja
untuk koran baru dan koran yang dihidupkan kembali di Indonesia, artikel ini akan
menjelaskan bagaimana praktik ini bisa berkembang dan bertahan hingga saat ini. Bila di
rezim Orde Baru, agen utama dalam tekanan ini adalah Pemerintah, saat ini pemilik Koran
menjadi figur kuat yang memaksakan kehendak dan dan membatasi otonomi jurnalis
Indonesia.

Even though Indonesia has entered a new era of democracy and press freedom, self-
censorship still exists in the professional practice of many Indonesian newspaper
journalists. Indonesia has a long history of censorship, particularly pressure from the
government encouraging journalists to self-censor their work. As such, self-censorship
has been encouraged and promoted through the institutionalised and internalised values
of many Indonesian newspaper publications. Through interviews with journalists who work
for new and re- established newspapers in Indonesia, this article will explain how the prac-
tice has evolved, and how it persists today. While the main agent of pressure during
Indonesia’s New Order regime was the government, today the owners of newspapers are
powerful figures who exert their influence and hinder the autonomy of Indonesian
journalists.

Kata Kunci/Keywords

Indonesia, kebebasan pers, kepemilikan media, koran, demokrasi, jurnalisme, sensor, pemerintah
Orde Baru.

Indonesia, press freedom, media ownership, newspapers, democracy, journalism, censorship, New
Order government.

Staf pengajar di Australian National University. | Pengantar

la bisa dihubungi di ross.tapsell@anu.edu.au

emberlakuan fungsi demokrasi di Indonesia

berarti bahwa media cetak telak berkontribusi

pada struktur media yang lebih hidup dan
beragam, terlihat dari artikel kritik terhadap pe-
merintah dan institusi negara yang kian sering ter-
lihat (Kitley, 2008, h.221). Lebih lanjut, dalam lima
tahun terakhir, sejumlah harian cetak berdiri di In-
donesia dan beberapa lainya berhasil selamat dari
kepunahan karena dibeli dan direstukturisasi oleh
pemilik yang bersemangat untuk menginvestasikan
uang dalam jumlah besar di industri media cetak.
Setidaknya di permukaan, ada beberapa tanda posi-
tif untuk jurnalis koran Indonesia, yang memiliki

17




Ross Tapsell, Trik Lama di Era Baru: Swasensor dalam Jurnalisme Indonesia

publikasi baru

Penelitian lebih lanjut terhadap industri koran
di Indonesia mengindikasikan adanya sesuatu yang
lebih rumit dibandingkan pers yang bebas dan kritis
yang dilakukan oleh para jurnalis dengan otonomi
signifikan untuk menulis secara terbuka dalam
berbagai topik. Artikel ini akan membahas beberapa
koran yang dimiliki oleh pengusaha dan politikus
terkemuka di Indonesia, yaitu Grup Jawa Pos, Su-
rabaya Post, Media Indonesia, The Jakarta Globe
dan Jurnal Indonesia. Para pemilik dari penerbitan
ini telah mengembangkan media portfolio mereka
dalam lima tahun terakhir. Artikel ini mendukung
penemuan Richard Robison dan Vedi Hadiz (2004),
yang mempertanyakan apakah pasar dan perubahan
demokratik benar-benar mewakili transisi politik dan
sosial yang lebih dalam dibandingkan rezim otoriter
yang dipimpin oleh Soeharto. Publikasi media telah
menjadi titik krusial dalam proliferation politik uang.
Di tahun 2010, mantan Pemimpin Redaksi Tempo
dan anggota Komisi Penyiaran Indonesia, Bambang
Harymurti menyatakan adanya peningkatan “kar-
telisasi dalam kepemilikan media di Indonesia”
(Harymurti, 2010, h. 17). Dalam setiap publikasi
yang diteliti di artikel ini, isu kepemilikan menjadi
faktor utama yang terjadi pada jurnalis yang bekerja
untuk organisasi ini. Di saat koran yang dibeli atau
didirikan oleh pengusaha dan politikus kaya bisa
menyediakan berbagai pandangan yang berbeda di
ruang publik Indonesia, otonomi jurnalis Indonesia
seringkali dibatasi, mengingat swasensor terus men-
jadi bagian dalam praktik profesional mereka.

Swasensor seringkali dipelajari melalui lingkung-
an ruang redaksi, dibandingkan pelatihan resmi dari
industri. Artikel ini menyatakan bahwa swasensor di
Indonesia didorongoleh elite berkuasa, yang bertujuan
untuk membatasi kritik terhadap tindakan-tindakan
mereka. Sejak kejatuhan Orde Baru Soeharto di tahun
1998, mereka yang berusaha untuk mengontrol arus
berita dengan mendorong praktik ini telah bergeser
dari Pemerintah dan militer menjadi kelompok oli-
garki pemilik media dengan kepentingan politik dan
bisnis. Meski para pemilik media ini memiliki ambisi
politik dan/atau ambisi bisnis dengan level yang
berbeda, penelitian ini melibatkan testimoni yang
krusial dari para jurnalis di koran-koran ini, yang
menjelaskan bagaimana tekanan yang berhubungan
dengan kepemilikan membatasi praktik profesional
mereka.

Swasensor sebagai praktik profesional di
jurnalisme Indonesia

Penelitian secara mendalam terhadap detail
swasensor dan warisan sejarah di Indonesia sangat
penting untuk memahami jurnalisme Indonesia
kontemporer. Dalam skala tertentu, semua jurnalis
melakukan swasensor terhadap reportase mereka.
Bagian krusial dalam praktik jurnalistik ialah untuk
menyediakan beberapa detail dan menghilangkan
yang lain. Ini bergantung pada batasan ruang, wak-
tu, kejelasan, tuntuang editorial dan pandangan
terhadap ketertarikan audiens atau pembaca. Jur-
nalis di Indonesia dan berbagai tempat lainnya di
Asia telah diberitahukan oleh Pemerintah bah-wa
swasensor adalah fungsi “tanggung jawab” da-lam

18

“membangun dan mengembangkan bangsa” (Soe-
harto, 1989; Romano, 2005, h. 4). Di tahun 1980an
dan 1990an, pandangan ini berkembang menjadi
“jurnalisme pembangunan”, sebuah konsep yang
dibahas secara luas dan diterapkan di berbagai ne-
gara dunia ketiga, terutama di Asia Mahathir, 1985;
Lee Kuan Yew, 1992; Romano, 1999; 2003) dan bah-
kan diakui sebagai salah satu praktik jurnalistik
oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP, 1998,
h.86). Sejumlah jurnalis dan editor di Indonesia saat
ini masih mempercayai bahwa “tanggung “jurnalis
yang bertanggung jawab” sebailknya menyaring
atau memperhalus reportase mengenai isu sensitif,
contohnya isu kekerasan antar etnis atau antar
agama yang lebih baik tidak dilaporkan (Steele, 2011,
h. 96). Ini adalah hal yang terjadi dengan jurnalis
dari salah satu koran harian terkemuka di Indonesia,
Kompas. Pendiri Kompas, Jakob Oetama, meyakini
bahwa pers “tidak bisa tajam, kita harus menimbang
banyak hal, terutama mengenai agama dan ras. Ada
isu sensitif di negeri ini. Saya selalu berpikir me-
ngenai dampak (nya)” (Wawancara dengan Jakob Oe-
tama, 17 Oktober, 2006).

Namun, Angela Romano telah menunjukkan bah-
wa jurnalisme pembangunan telah memiliki banyak
makan, mengingat para jurnalis yang bersikap kritis
terhadappemerintahmengalamiberbagaipembatasan
atas nama nilai “kepantasan” yang sesuai dengan
budaya (Romano, 1999, h. 183-191). Dalam survey
di 2007 terhadap 385 jurnalis di Indonesia, Thomas
Hanitzsch menemukan bahwa para responden mem-
percayal peran media seperti dalam model Fourth
Estate — dimana jurnalis sebagai watchdog dan agen
kritisisme — yang harus “menggambarkan realita
sebagaimana adanya” (Hanitzsch, 2007, h.182). Un-
tuk artikel ini, swasensor terjadi ketika jurnalis
membatasi atau mengindahkan aspek dari sebuah
berita karena mereka takut akan repercussion dari
mereka yang memiliki kepentingan tertentu yang di-
kutip dalam reportase mereka. Sebagaimana yang
kita lihat, swa sensor biasanya terjadi ketika jurnalis
mempercayai bahwa mereka harus tunduk kepada
agenda pemilik dalam berita tertentu, dibandingkan
melaporkan secara bebas dan komprehensif dalam
segala topik.

Konglomerat perusahaan media, termasuk banyak
pemiliki koran, telah menjadi kekuasaan di Indonesia
dan berbagai negara lain di Asia. Liberalisasi media
dapat mengarah pada konsentrasi media, ketika
koran-koran yang ada pada akhirnya menemukan ja-
lan mereka ke pihak elite kaya dan sekutu ekonomi
mereka. DiMalaysia, dereulasiindustri media melalui
kebijakan privatisasi oleh administrasi Mahathir di
1983 berujung pada koran arus utama yang pada
akhirnya dimiliki oleh beberapa individu yang dekat
dengan koalisi penguasa (Luan and Hoon, 2008). D1
India, kebanyakan koran dimiliki oleh pengusaha ba-
ron, dan ada peningkatan trend bagi para pengusaha
untuk terjun ke politik (Prasad, 2008). Di Filipina,
yang notabene dikenal dengan sistem media paling
bebas di Asia, pemilu nasional di di tahun 2004
melihat bahwa salah satu kandidat presiden, dua
kandidat wakil presiden, dan tak kurang dari 10
kandidat senat, yang memiliki latar belakang media
atau industri hiburan (Seneviratne, 2008, h. 66). Di
Korea Selatan, penelitian di tahun 2009 oleh Eun Suk



Sa dari Universitas Sydney menemukan bahwa 51
persen dari jurnalis yang diteliti menyatakan pemi-
lik media sebagai faktor penentu utama yang paling
mungkin mempengaruhi kebebasan pers. (Eun Suk
Sa, 2009, h. 7).

Penelitian untuk artikel ini melibatkan lebih dari
80 wawancara dengan jurnalis di Indonesia dalam
kurur% waktu lebih dari 6 bulan sepanjang 2009 dan
2010.

Jurnalis dipilih melalui apakah mereka biasa
dengan tema ‘irama’ politik atau bisnis. Semua
wawancara dilakukan secara pribadi dengan penulis,
di bawah instrksi dengan tema luas kebebasan pers
dan penekanan pada praktik jurnalistik ditanyakan.
Tidak ada jurnalis yang menolak diwawancara un-
tuk penelitian ini, meski beberapa meminta un-
tuk anonim. Mayoritas jurnalis Indonesia yang
diwawancara melihat bahwa praktik swasensor
membatasi otonomi mereka. Jurnalis melihat itu
sebagal konsep yang dipaksakan oleh elite politik
dan bisnis untuk meredam kritik terhadap kekua-
saan mereka. Dengan kata lain, para jurnalis sen-
diri merasa bahwa otonomi mereka dibatasi oleh
tekanan eksternal terhadap praktik profesional me-
reka. Imam Syafii, mantan editor Jawa Pos yang
kini menjabat sebagai editor JTV, jaringan televisi
di Surabaya yang dimiliki oleh Grup Jawa Pos, me-
nyimpulkan apa yang menjadi predicament para jur-
nalis dan editor di Indonesia saat ini : “Terkadang
kita kehilangan kemerdekaan dan kita berkompromi.
Ini bisa menjadi masalah karena seringkali (mereka)
adalah orang-orang kaya di kalangan elite birokrasi”
(Wawancara dengan Imam Syafi’i, 19 Februari 2010).
Mereka seringkali adalah figur politik yang bertujuan
untuk mengonsolidasi kekuasaan. Robison dan Hadiz
telah menyatakan bahwa situasi ini sebagian besar
disebabkan oleh kelanjutan hubungan politik di In-
donesia, yang didorong oleh uang dan intimidasi po-
litik, yang bermula pada era Soeharto (Robison dan
Hadiz, 2004, h. 256).

1 Penelitian untuk jurnal ini dilakukan antara bulan
November 2009 dan Mei 2010. Secara total saya
mewawancaral wartawan dari 16 surat kabar, termasuk: di
Bali - The Bali Post, Radar Bali, The Jakarta Post (kantor
Bali), di Lombok - Lombok Pos, di Yogyakarta - Harian
Yogya, Kedaulatan Rakyat, di Surabaya - Jawa Pos,
Surabaya Post, Radar Surabaya, di Jawa - Kompas, Tempo,
Bisnis Indonesia, The Jakarta Post, The Jakarta Globe,
Jurnal Nasional, Media Indonesia dan Viva News! (jaringan
berita online). Wartawan dipilih berdasarkan apakah
mereka bekerja di “irama” politik atau bisnis. Wawancara
dilakukan secara langsung, baik dalam bahasa Inggris atau
Indonesia, tergantung pada preferensi wartawan. Beberapa
wartawan meminta agar nama mereka tidak dipublikasikan,
tetapi setuju bahwa media mereka dapat direferensi dengan
kutipan mereka. Jumlah dari wawancara dari penerbitan
yang digunakan dalam artikel ini adalah: Surabaya Post (8
wawancara), Jurnal Nasional (5 wawancara), Grup Jawa Pos
(17 wawancara), The Jakarta Globe (9 wawancara), Media
Indonesia (4 wawancara). Wawancara pribadi dengan Jakob
Oetama, Abdurrahman Wahid dan Louise Williams pada
tahun 2006 juga digunakan di bagian awal artikel. Terima
kasih saya ucapkan untuk Profesor Dedy Nur Hidayat, yang
meninggal pada 9 November 2010, dan Profesor Rachma Ida,
atas dukungan dan antusiasme serta sponsor mereka yang
penting untuk penelitian ini.

Jurnal Komunikasi Indonesia, Volume 1, Nomor 2, 2012

Swasensor di era Orde Baru (1965-1998)

Saat Soeharto memperoleh kekuasaan di tahun
1965, Pemerintah hanya perlu waktu kurang dari
empat tahun untuk mengeluarkan Undang-Undang
Pers yang sangat membatasi media (Lee, 1971,
h.120). ada masa yang relatif lebih terbuka di masa
kekuasaan Soeharto, tetapi jurnalisme adalah salah
satu sektor yang dikorporatisasi di masa Orde Baru
(Romano, 2003, h. 86; Dhakidae, 1991). Dari 1966,
serikat jurnalis (PWI) disingkirkan dan koran-ko-
ran ‘kir’ dibredel. PWI menjadi melanggar hukum
dalam pemberitaan kebijakan Pemerintah, dan be-
berapa anggotanya merasa berkompromi secara
menyeluruh dan tidak bisa melaporkan secara adil
dan bebas (Hill, 1994, h. 67-73; Romano,2003,h.
86-102). Praktik swasensor seringkali didorong oleh
penguasa. Pada 1984, Soeharto telah menyatakan
pada para editor secara terbuka mengenai persoalan
yang telah dipahami media: “Setiap berita, apapun
sumbernya, harus disensor secara hati-hati sebelum
dipublikasikan” (The Jakarta Post, 11 Desember
1984, h. 5).

Orde Baru adalah ahli dalam mengatur persediaan
media cetak melalui Menteri Penerangan. Ia secara
arbitrer dan trbuka membredel koran-koran jika me-
reka mempublikasikan artikel yang dinilai sensitif
bagi Pemerintah. Salah satu kejadian terkenal di
tahun 1994, saat majalah mingguan Tempo, dan
publikasi arus utama lainnya, Editor dan DeTIK,
dibredel dengan kontroversial (Steele, 2006). Menteri
Penerangan pada saat itu, Harmoko, menuduh me-
reka “gagal dalam melaksanakan swasensor” (Komite
Perlindungan Jurnalis, 1995, h. 18). Lebih dari tiga
puluh kasus pembredelan temporer atau permanen
terjadidiantaratahun 1965 dan 1994 (Heryanto, 2003,
p. 41). Editor koran Indonesia mengetahui bahaya
menulis dengan konotasi politik dan swasensor,
mengkhawatirkan pembredelan?. Jakob Oetama ada-
lah Pemimpin Redaksi di Kompas di saat Orde Baru.
Ia menyatakan: “Kebijakan Kompas adalah untuk
melaporkan sebanyak yang dimungkinkan, akan te-
tapl untuk bisa memberitakan, kami harus sangat
bijak, atau berhati-hati, atau pengecut” (Wawancara
dengan Jakob Oetama, 17 Oktober 2006).

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,
jurnalis koran belajar untuk menulis “di antara garis”.
Koran menyelipkan “pesan tersembunyi” dengan ba-
hasa yang memancing dan dikomunikasikan melalui
teknik halus yang terstruktur (Steele, 2006, h. 234;
Romano, 2003, h. 46-48). Di samping penyingkiran
oleh Pemerintah dan kekerasan militer, budaya mem-
berikan uang kepada jurnalis atas pemberitaan yang
sesuai menjadi bagian dari masyarakat Indonesia,
warisan yang membutuhkan waktuuntuk dihapuskan
di masa pasca Orde Baru. Jurnalis rentan terhadap
jenis tekanan ini karena “jurnalisme amplop” dalam
beberapa kasus memungkinkan jurnalis untuk men-
dapatkan dua kali dari gaji mereka yang minim
(Romano, 2003, h. 150-63).

D1 saat pembredelan publikasi adalah teknik
efektif untuk memaksakan kontrol, jurnalis individu
juga didisiplinkan secara pribadi oleh kekuasaan.
Jurnalis menerima panggilan telepon secara rutin
dan instruksi dari Menteri Penerangan, militer dan
Departemen Luar Negeri — menunjukkan indikasi

19



Ross Tapsell, Trik Lama di Era Baru: Swasensor dalam Jurnalisme Indonesia

pengawasan menyeluruh oleh Orde Baru. Di saat
militer, secara khusus, memberikan perintah, Tim
redaksi tidak punya pilihan selain untuk mematuhi.
Tidak mematuhinya dapat mengarah pada pemukul-
an secara fisik dari militer atau polisi, atau hukum-
an penjara. Jadi, efektivitas rezim Soeharto dalam
mengontrol pers terutama disebabkan oleh kemampu-
annya dalam menciptakan lingkungan yang mena-
kutkan, dimana jurnalis secara terus-menerus takut
untuk melaporkan apapun yang bisa dimaknai seba-
gai kritik terhadap elite yang berkuasa.? David Hill
menyatakan, media massa telah menjadi area yang
penting dalam melanggengkan dan mereproduksi ke-
kuasaan Orde Baru (Hill, 1994, h. 34-60).

Hal ini dicapai dengan menciptakan lingkungan
dimana “pers yang bertanggung jawab” tidak seha-
rusnya menulis yang bertentangan dengan persatuan
nasional, program pembangunan pemerintah, militer,
perpecahan di wilayah luar kepulauan, kehidupan
Presiden dan kepentingan bisnis keluarga Presiden,
aktivitas bisnis pejabat senior, atau korupsi atau
berita dengan politik sensitif secara keras (Rodgers,
1982, h. 9; Schwartz, 1994, h. 47; Romano, 2003,
h. 164-65). Sebagai hasilnya, “topik tabu” seperti
kehidupan Presiden Soeharto dan konflik ras atau
agama (SARA)?, dilaporkan dengan kehati-hatian
berlebihan di media nasional. Seperti Louise Williams,
mantan koresponden Australia di Indonesia dan
salah satu penulis Losing Control: Press Freedom
in Asia, katakan: “Sensor di Indonesia adalah garis
yang tak terlihat. Kamu tidak bisa melebih-lebih-
kannya dengan mundur begitu jauh sehingga kamu
kehilangan begitu banyak kebebasan, dan kamu
tidak sungguh-sungguh memahami seberapa jauh
kamu bisa bermain di antaranya (Wawancara de-
ngan Louise Williams, 27 Juni 2006). Jadi, efek-
tivitas kontrol didasari oleh kemampuan elite berku-
asa untuk menciptakan iklim ketidakpastian di
pers sehingga ia menghasilkan jurnalis yang begitu
disiplin sehingga ia akan berhati-hati dalam topik
apapun, bahkan yang sedikit kontroversial.

Jurnalis baru yang memasuki lingkungan penuh
ketakutan di ruang redaksi. Mereka belajar dari re-
kan mereka yang lebih berpengalaman yang pernah
mengalami ketidaksetujuan oleh rezim Orde Baru.
Banyak jurnalis yang lebih muda dikritik oleh editor
(atau bahkan kepala editor) saat mereka melaporkan
topik sensitif secara terbuka. Kurniawan Mohammed
bergabung dengan koran Jawa Pos di tahun 1991
sebagai jurnalis baru. Saat memberikan artikel,
ia diberitahu oleh editornya bahwa berita tersebut
tidak akan dipublikasikan dan ia harus berhenti
menulis berita tentang kekerasan agama. Kurniawan
mengatakan: “Saya kecewa dan tidak menyadari
pada waktu itu, tapi editor saya mengatakan bahwa
jenis berita ini dilarang karena (topik tabu) konflik

2 46 publikasi lokal dilarang dan Asosiasi Jurnalis Indonesia
disingkirkan selama periode Orde Baru. Penyingkiran paling
ekstrem terjadi dengan pelarangan 12 publikasi pada tahun
1974, dan Kompas dan Sinar Harapan, dua surat kabar di
Indonesia yang paling banyak dibaca, pada tahun 1978.
Selanjutnya, pada tanggal 21 Juni 1994, Tempo, Editor dan
Detik dibredel.

3 SARA adalah singkatan dari hubungan atau konflik suku
(etnis), agama (agama), ras (ras) dan antargolongan ("antara
kelompok”).

20

agama” (Wawancara dengan Kurniawan Mohammed,
17 Februari 2010). Selain itu, Achmad Jauhat me-
mulai karir sebagai jurnalis Bisnis Indonesia di
1992. Ia mempelajari soal swasensor melalui kritik
dari kepala editornya. Ia mengatakan: “Bos saya per-
nah mengatakan “Jangan tulis sesuatu yang akan
membuat keluarga Soeharto marah’. Saya pernah
menulis tentang proyek bisnis Tutut (putri Soeharto),
dan bos saya sangat marah karenanya. Ada begitu
banyak batasan yang kemudia membuat kami ta-
kut dan melakukan swasensor terhadap artikel”
(Wawancara dengan Achmad Jauhat, 27 April
2010). Contoh-contoh ini menunjukkan bagaimana
swasensor diajarkan. Dalam kasus ini, instruksi dan
arahan diberikan oleh atasan di ruang redaksi atau
jurnalis yang telah mengerti bahwa jika mereka ingin
menyenangkan para pimpinan, dan ingin tulisannya
dipublikasikan, mereka harus mengikuti praktik jur-
nalisme konvensional di masa Orde Baru dan swa-
sensor hasil kerja mereka.

Dhimam Abror adalah mantan Pemimpin Redaksi
Jawa Pos di masa Soeharto, dan ingat pemberitaan
di masa itu: “la menciptakan aura swasensor dari
jurnalis untuk tidak membuat masalah apapun.
Swasensor adalah otomatis, kamu hanya merespon —
kamu tidak boleh menulis tentang ini atau tentang
1tu, dan kamu tahu berita ini baik dan berita itu ti-
dak” (Wawancara dengan Dhimam Abror, 28 Janu-
ari 2010). Hasilnya, model Fourth Estate yang non-
politis dalam jurnalisme tidak pernah benar-benar
tercapai di masa Soeharto (Hill and Sen, 2000, h,
52). Lebih lanjut, Daniel Dhakidae menyatakan
bahwa jurnalisme Indonesia di bawah Orde Baru
yang “dipenggal secara politik” karena konsentrasi
kepemilikan baik oleh negara dan tekanan pasar
di awal 1975 (Dhakidae, 1991, h. 283), dengan
kepemilikan dua puluh media atau lebih yang ter-
konsentrasi di tangal beberapa elite penguasa yang
mengontrol arus informasi. Grup konglomerat me-
dia membagi kepentingan bisnisnya ke industri
lain Dhakidae, 1991, h. 324-86; Hill, 1994, h. 81—
110), warisan yang, bisa kita lihat di bawah, terus
berlanjut setelah kejatuhan Orde Baru (Heryanto,
2003, p. 45).

Walaupun ada begitu banyak tekanan, banyak
jurnalis dan editor Indonesia yang berusaha untuk
menentang peran otoriter Soeharto. Secara khusus,
majalah Tempo dinilai “bebas” dari Pemerintah, se-
perti yang ditulis oleh Steele, “mungkin kebebasan ini
yang paling mengganggu para musuh Tempo di masa
Soeharto” (Steele, 2006, h. xiii). Kejatuhan Soeharto
di tahun 1998 mengarah pada naiknya B. J. Habibie,
yang tidak populer, untuk menjadi presiden. Di
bawah tekanan International Monetary Fund (IMF)
dan Bank Dunia, Habibie menjanjikan reformasi
yang mencakup kebebasan pers yang lebih besar, ta-
pi ia hanya menjabat selama 17 bulan. Salah satu
tugas yang dilakukan oleh penerus Habibie sebagai
Presiden, Abdurrahman Wahid, adalah menghapus
Departemen Penerangan (Barton, 2002, h. 290). Per-
nyataan Wahid mengenai keputusan ini:

"Di bawah Soeharto, departemen ini seperti polisi bagi
kita. Selalu ketika saya menulis. Saya harus melakukan
sejenis swasensor, atau tulisan saya tidak akan dimuat.
Kamu harus berhati-hati. Soeharto mengon-trol



masyarakat melalui itu" (Wawancara dengan Abdur-
rahman Wahid, 28 Oktober 2006).

Saatdiwawancara ditahun 2006 apakahkebebasan
pers adalah hal yang ia dambakan ketika menutup
Departemen Penerangan, Wahid menjawab:

“Tidak. Saya tidak puas. Saat ini, ada hal yang lebih
implisitdaripadasensor. Swasensoradalahbukti. Warisan
zaman Soeharto — sekarang warisan ini mengambil
bentuk lain” (Wawancara dengan Abdurrahman Wahid,
28 Oktober 2006).

Meski ada perubahan demokrasi dan kebebasan
kepada jurnalis, survei global yang dilaksanakan di
2010 menunjukkan gambaran pesimis akan kebeasan
pers Indonesia. Freedom House menilai pers Indonesia
sebagai “Separuh Bebas” dan menempatkan Indonesia
di peringkat 108 dari 191 negara di dalam Peringkat
Kebebasan Pers Dunia (Freedom House, 2011).Pe-
ringkat Kebebasan Pers dari Reporters Without Bor-
ders’ menempatkan Indonesia di nomor 146 dari 178
negara yang disurvei (Reporters Without Borders,
2011). Survei ini menunjukkan bahwa kebebasan pers
tidak mudak diperoleh di Indonesia. Harry Bhaskara,
editor harian berbahasa-Inggris, The Jakarta Post,
mencatat bahwa kebanyakan jurnalis berasumsi
dengan kejatuhan Soeharto, memperoleh kebebasan
pers adalah hal mudah: “Saat Orde Baru berakhir,
kami mengira bahwa tekanan akan berhenti. Tapi
tetap ada tekanan terhadap kebebasan jurnalis”
(Wawancara dengan Harry Bhaskara, 3 Maret2010).
Di Indonesia, saat ini banyak jurnalis muda yang ma-
sih ditekan untuk memahami pentingnya swasensor
untuk membatasi kritik terhadap elite penguasa.
Tapi tanpa pengawasan hierarkis dari Negara dan
tekanan koersif dari pemerintah otoriter dan militer,
bagaimana dan mengapa, jurnalis masih diajarkan
praktik ini?

Era baru dan industri publikasi koran sekarang

Demokrasi di “era baru” (1998-sekarang) telah
melihat pers menjadi jauh lebih bebas dari kontrol
pemerintah dibandingkan masa Orde Baru (Ka-
kiailatu, 2007; Steele, 2006)*. Meskipun saya tidak
me-wawancaraiwartawandibagianterluar Indonesia,
seperti Papua atau Aceh, di mana militer mengambil
peran yang lebih aktif dalam politik dan jurnalisme
(Kitley, 2008b, Fitzpatrick, 2006; Mellish, 2006, Hill,
2011), setidaknya, ada ketakutan di kalangan jurnalis
di Indonesia bahwa pemerintah dapat melarang pe-
nerbitan pers, seperti yang terjadi begitu sering dan
dengan impunitas, di masa lalu. Meski jurnalis di

4 Namun, ancaman terhadap kebebasan pers terus terjadi
termasuk tuntutan hukum terhadap pers yang dibawa oleh
orang-orang berpengaruh, yang dapat mempengaruhi hakim
dan aparat penegak hukum.

5 Insiden baru-baru ini yang melibatkan kematian yang
banyak diliput, yaitu kematian wartawan Radar Bali, AA
Prabangsa, yang diculik dan disiksa di Bali pada tahun
2008. Pembunuhnya dan pengusaha yang memerintahkan
kematiannya, ditemukan bersalah dalam pengadilan pidana
Bali pada tahun 2010. Kasus ini mendapat liputan media
yang intens dam mengakibatkan kecaman publik pada
pembunuh.

Jurnal Komunikasi Indonesia, Volume 1, Nomor 2, 2012

Indonesia saat ini masih menghadapi ancaman dan
kekerasan fisik (Steele, 2011, hal 97.), jumlah 1ns1den
tersebut telah menurun sej jals jatuhnya Orde Baru.?

Purnomo, seorang jurnalis veteran di Surabaya
Post selama 25 tahun, menyuarakan pernyataan yang
banyak dirasakan oleh jurnalis lain dalam penelitian
ini:

"Dalam banyak hal, pers jauh lebih bebas. Sekarang kita
dapat menulis tentang TNI [militer Indonesia], kita bisa
menulis tentang hak asasi manusia, dan kita tidak takut
bahwa kita akan diculik atau dipukuli. Jauh lebih aman
untuk menjadi jurnalis sekarang dan kami jauh lebih
takut pada masa Orde Baru. Tapi kami wartawan tidak
100% aman. Masih ada beberapa aturan. Selalu ada
seseorang mengendalikan kita -sekarang mereka adalah
gatekeepers” (Wawancara dengan Purnomo, 26 Februari
2010).

“Gatekeepers" yang dimaksud oleh Purnomo meng-
acu pada mereka yang menekan wartawan untuk
swasensor. Mereka adalah editor yang takut pada
dampak dari pemiliknya, mereka adalah manajer
yang ditunjuk secara eksplisit untuk mengontrol
aliran berita, mereka adalah raja media yang ingin
mempromosikan kepentingan politik atau bisnis di
koran. Dalam buku mereka Reorganising Power in
Indonesia, Robison dan Hadiz berpendapat bah-wa
pembongkaran rezim otoriter Soeharto tidak meng-
hasilkan “proses perubahan yang cepat dan tanpa
friksi menuju pemerintahan yang liberal" (Robison
dan Hadiz, 2004, hal. 223) . Dengan demikian, meski
pemerintah otoriter tidak lagi mengontrol kekuasaan
ataumenetapkan agenda, dalam demokrasi “era baru”
di Indonesia, “reorganisasi hubungan kekuasaan dari
predator tua ke dalam sistem baru” oleh mereka yang
memiliki “kepentingan dalam mempertahankan
sistem kekuasaan yang sewenang-wenang" (Robison
dan Hadiz, 2004, hlm 223-24) lah yang masih
memberikan hambatan bagi pemberitaan yang lebih
liberal sebagai cara memaksimalkan keuntungan ko-
mersial dari jurnalisme.

Robison dan Hadiz berpendapat bahwa kepenting-
an pengusaha bisnis, termasuk mogul media, yang
dipelihara selama rezim Soeharto, telah diakomodasi
dalam “aliansi oligarki baru" dan koalisi politik (Ro-
bison dan Hadiz, 2004, hal. 224). Saat ini, sembilan
kelompok bisnis mengendalikan setengah media
cetak di Indonesia (Haryanto, 2011, h.104). Dengan
demikian, lanskap produksi surat kabar di Indonesia
saat ini menunjukkan bahwa para pemilik adalah
pemain politik dan ekonomi yang dominan. Surat
kabar terlaris di Indonesia adalah Kompas dan
Jawa Pos, sementara publikasi berpengaruh lainnya
termasuk Tempo, Pos Kota dan koran berbahasa
Inggris, The Jakarta Post®.

Seperti dijelaskan di atas, surat kabar yang dipi-

6 Statistik dari Nielsen Media Research [dikutip dalam
Jawa Pos: ‘Newspaper for Everyone’, Grup Jawa Pos, 2010]
‘Consumer Insights’ pada tahun 2009 untuk pembaca di
atas usia 10 tahun, di sembilan kota terbesar di Indonesia.
Hasilnya menempatkan Jawa Pos dan Kompas pada posisi
yang hampir sama di peringkat atas, dengan masing-
masing jumlah pembaca sekitar 1,4 juta pembaca. Pos Kota
ditempatkan pada posisi ketiga, dengan jumlah pembaca
yang tak jauh beda, yaitu 1,1 juta.

21



Ross Tapsell, Trik Lama di Era Baru: Swasensor dalam Jurnalisme Indonesia

lih untuk analisis di sini adalah yang dimiliki oleh
politisi terkemuka Indonesia atau taipan. Setiap pe-
milik memiliki tingkat yang berbeda dalam pengaruh
politik dan kekayaan finansial, dan persamaan dan
perbedaan akan dijelaskan di bawah ini. Namun,
sepintas melihat pola kepemilikan pers di Indone-
sia akan menunjukkan bahwa ada kenaikan dalam
bentuk kepemilikan surat kabar. Semua pemilik
yang diteliti di bawah ini telah memperluas porto-
folio media mereka dalam lima tahun terakhir, bia-
sanya dengan membentuk surat kabar baru, atau
membeli yang sudah ada. Penelitian selanjutnya bisa
menyelidiki sejauh mana struktur kepemilikan di
koran yang tidak dimiliki oleh taipan atau politisi,
mempengaruhi praktek jurnalistik profesional di
Indonesia. Berikut ini adalah sketsa latar belakang
pemilik yang penerbitannya dibahas dalam artikel
1ni.

Aburizal Bakrie adalah seorang konglomerat kaya
dan tokoh politik yang kuat. Dia saat ini menjabat
sebagai Ketua partai politik Golkar’ dan, menurut
majalah Forbes, salah satu orang terkaya Indonesia,
dengan nilai U$S890 juta (Forbes, Desember 2011,
h.48). Bakrie mengontrol perusahaan yang men-
jangkau luasnya perekonomian Indonesia. Mereka
termasuk pertambangan, minyak dan gas, kelapa
sawit, properti, telekomunikasi dan keuangan. Por-
tofolio Bakrie Media meliputi saham di stasiun te-
levisi ANTV, TV ONE, dan ArekTV (Surabaya) dan
layanan jaringan berita online baru, VIVAnews!
Pada tahun 2008, Bakrie sedang memperjuangkan
citra publik atas keterlibatan perusahaannya da-
lam semburan lumpur di pinggiran Surabaya yang
menimpa lebih dari 40.000 orang (Schiller et al..,
2008). Perusahaan Lapindo Brantas, mencoba untuk
mengekspresikan pandangannya di media bahwa
semburan lumpur itu mulai karena “penyebab
alami” dan bukan karena adanya pengeboran gas di
daerah (McMichael, 2009). Ia menyewa sebuah per-
usahaan hubungan masyarakat untuk menaruuh
lebih banyak informasi dari Grup Bakrie termasuk
dalam laporan surat kabar. Ini sebagian besar tidak
berhasil (Tapsell, 2010). Pada bulan November 2008,
Tempo memuat berita halaman depan berjudul 'Si-
apa Peduli Bakrie?' Ketika bisnis keluarga Bakrie
hampir runtuh (Tempo, 17 November 2008). Koran
di Surabaya yang sangat kritis terhadap Bakrie, dan
di bawah ini tekanan publik yang cukup, Presiden
Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dua kali
memerintahkan Lapindo untuk mengkompensasi
mereka yang telah mengungsi akibat semburan
lumpur. Dalam konteks ini bahwa Bakrie membeli
Surabaya Post, sebuah surat kabar harian berbahasa
Indonesia yang didirikan pada tahun 1953, tetapi
pada tahun 2008 koran tersebut di ambang tutup
karena pendapatannya tidak mencukupi dalam pasar
yang didominasi oleh Jawa Pos.

Kampanye Bakrie mewakili Golkar untuk Pemilu
Presiden di tahun 2009 melawan saingan raja media,
Surya Paloh menunjukkan bagaimana saluran media
Paloh dan mengusung kepentingan masing-masing
pemilik dengan berani (Lutfia dan Prameshwari,

7 Partai Golkar adalah partai yang berkuasa selama Rezim
Soeharto (1965-1998) dan merupakan bagian dari koalisi
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang tengah berjalan.

22

2009). Pada akhir 2011, Bakrie menjadi calon dari
Partai Golkar untuk Pemilu Presiden 2014 (Tm
Ready For 2014: Bakrie', The Jakarta Globe, 19
Februari 2012).

Taipan kaya lainnya adalah James Riady, pemilik
dan Wakil Ketua Grup Lippo. Lippo adalah pemilik
dan pengembang properti terbesar di Indonesia, serta
memiliki kepentingan bisnis di bidang perbankan,
penerbitan dan ritel. Riady juga meningkatkan
portofolio medianya dalam lima tahun terakhir.
Dia memiliki Bisnis Indonesia, The Globe, Investor
Daily, dan mengembangkan sebuah portal web dan
saluran berita televisi kabel. Pada tahun 2006, Riady
membeli surat kabar berbahasa Indonesia, Suara
Pembaruan, dan pada tahun 2008 ia mendirikan The
Jakarta Globe sebagai harian berbahasa Inggris yang
mewah untuk menyaingi The Jakarta Post. Sebagai
etnis cina yang beragama Kristen, Riady cenderung
tak mungkin untuk mencalonkan diri di parlemen,
tetapi ia telah mempertahankan hubungan dekat de-
ngan politisi di Indonesia dan Amerika Serikat (The
New York Times, 20 Maret 2001). Putra Riady, John,
adalah Direktur Media Digital di The Jakarta Globe.

Para pemilik koran termasuk politisi terkemuka,
yaitu Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono
(SBY). Pada tahun 2006, SBY mendirikan Jurnal
Nasional, sebuah surat kabar harian yang terbit di
Jakarta. SBY menunjuk juru bicara yang sekarang
menjabat Menteri Olahraga, Andy Mallarangeng,
sebagaisalah satu administrator, dan mempekerjakan
mantan jurnalis Ramadhan Pohan sebagai Pemimpin
Redaksi pertama koran tersebut. Menurut Pohan,
Jurnal Nasional didirikan “sehingga ada koran yang
seharusnya tidak hanya melaporkan berita bu-ruk
- tapi juga kabar baik. Dalam Jurnal Nasional kita
harus menyoroti pemikiran Presiden untuk membuat
masyarakat lebih mudah memahami ide di balik
kebijakan" (Wawancara dengan Ramadhan Pohan,
14 April 2010). Penunjukkan Pohan sebagai Anggota
Parlemen dalam kabinet SBY di tahun 2008 adalah
bukti lebih lanjut bagi yang skeptis dan melihat
Jurnal Nasional sebagai “koran partai SBY”.

Pada akhir 2011, situs berita media online terbesar
di Indonesia, Detik.com, dibeli seharga $ US70 juta
oleh Chairul Tanjung (Forbes, 2011, h. 43), pemilik
stasiun televisi Trans7 dan TransTV, yang diketahui
sebagai rekan dekat SBY (‘Media Tycoons on Strong
Footing as Businesses Thrive’, The Jakarta Post, 11
Desember 2011).

Tokoh politik terkenal lainnya yang telah ber-
investasi di industri media adakah Surya Paloh. Sur-
ya memiliki Media Indonesia, surat kabar harian
berbahasa-Indonesia berbasis di Jakarta, serta
Lampung Post. Portfolio medianya telah diperluas
melalui pembentukan stasiun televisi MetroTV, yang
ia didirikan pada 20018. Surya memiliki ambisi untuk
menjadi Presiden Indonesia, dan setelah kehilangan
kepemimpinan di Golkar dari saingan medianya,
Aburizal Bakrie pada tahun 2008, ia mendirikan
sendiri partai politik, Partai Nasional Demokrat.
Surya menerima dorongan besar pada akhir 2011
ketika “ikan besar" dari industri televisi Indonesia

8 Surya Paloh mulai di media cetak pada tahun 1985 ketika ia
mendirikan PT Surya Persindo dan koran harian Prioritas
yang telah ditutup.



dan seorang pria senilai $ 1,19 juta (Forbes, 2011, h.
47), Hary Tanoesoedibjo, bergabung dengan partainya
(Media Tycoons on Strong Footing as Businesses
Thrive’ , The Jakarta Post, 11 Desember 2011).

Konglomerat terbesar di media Indonesia adalah
Grup Jawa Pos. CEO nya adalah Dahlan Iskan, seo-
rang mantan wartawan Tempo yang ditugaskan di
surat kabar harian berbasis Surabaya yang tengah
berjuang, Jawa Pos pada tahun 1982. Dia membangun
sirkulasi koran yang pada saat itu 6.000, naik menjadi
lebih dari 300.000 pada tahun 2000. Grup Jawa Pos
dimasukkan dalam artikel ini karena dua alasan.
Pertama, ini adalah investasi konglomerat dalam
surat kabar baru yang paling berkembang pesat di
Indonesia. Grup Jawa Pos telah berkembang pesat
dalam lima tahun terakhir dan sekarang memiliki
140 surat kabar berbahasa Indonesia yang dicetak
di seluruh Indonesia.’ Pada tahun 2002, Grup Jawa
Pos mulai berinvestasi di televisi. Pada tahun 2009,
11a memiliki 15 stasiun televisi lokal (Rachma Ida,
2011, hal. 19). Kedua, bisnis dan kepentingan politik
Dahlan Iskan juga berkembang pesat. Grup Jawa
Pos saat ini berinvestasi di bidang-bidang non-media
seperti hotel, agen perjalanan, perumahan dan trans-
portasi. Pada tahun 2003, Dahlan memasuki industri
listrik, membeli pembangkit listrik di bagian luar
Surabaya dan Kalimantan Timur. Pada akhir 2009,
Dahlan diangkat Kepala perusahaan yang mengatur
penggunaaan listrik di Indonesia, PLN [Perusahaan
Listrik Negara] oleh Presiden SBY, di tengah saran
bahwa Grup Jawa Pos bersikap pro-SBY dalam
pemberitaan Pemilu Presiden 2009. Putra Dahlan,
Azrul Ananda, adalah Pemimpin Redaksi Jawa
Pos 2005-2007, dan kemudian menjadi Pemimpin
Redaksi, posisi yang dia pegang hingga hari ini.
Azrul membela keputusan perusahaannya untuk
menempatkan SBY di sampul depan lebih sering
daripada politisi yang lain dengan mengatakan:
"Ketika kita menempatkan SBY pada sampul depan,
itu menjual. Ketika kita menempatkan [kandidat
lain seperti] Megawati Soekarnoputri, tidak menjual.
Ttu sesederhana itu. [Beberapa] orang mengeluh,
tapi kami hanya memberikan apa yang diinginkan
orang-orang" (Wawancara dengan Azrul, 2010). Pada
Oktober 2011, Dahlan Iskan dipromosikan oleh SBY
untuk posisi Menteri Badan Usaha Dalam Negeri
(BUMN).

Penting untuk ditekankan bahwa setiap pemilik
yang dijelaskan ini memiliki tingkat ambisi politik
dan portofolio bisnis yang berbeda. Sementara rincian
mengenai siapa yang memiliki surat kabar ini dapat
dinyatakan dengan mudah, pengaruh pemilik media
terhadap wartawan lebih sulit untuk ditentukan. Se-
perti yang ditulis Krishna Sen: "bukti empiris tentang
bagaimana dan berapa banyak pemilik mengontrol
berita dan analisisinya, sulit didapat di Indonesia dan
dalam kebanyakan konteks lainnya (Sen, 2011, h.8).
Pada tahun 2009, Hendrato Darudoyo melakukan
survel terhadap 82 jurnalis di enam surat kabar
utama. [a menemukan bahwa 71 persen dari jurnalis
mengklaim bahwa keputusan yang berkaitan dengan
is1 dapat berubah karena pengaruh pemilik, bahkan
jika pemilik jarang menghadiri rapat editorial (Da-

9 Untuk daftar lengkap dari surat kabar Grup Jawa Pos, lihat
http://'www.jpnn.com/jpnn_network.php.

Jurnal Komunikasi Indonesia, Volume 1, Nomor 2, 2012

rudoyo, 2009). Survei Hendrato adalah indikasi yang
berguna tentang bagaimana jurnalis menyadari
gangguan pemilik. Tapi bagaimana pemilik mempe-
ngaruhi jurnalis secara khusus jika mereka jarang
menghadiri pertemuan editorial? Wawancara saya
yang diperpanjang dengan wartawan surat kabar
di Indonesia menunjukkan bahwa ada tekanan
konsisten yang ditempatkan pada wartawan un-tuk
terlibat dalam swasensor sebagai akibat dari ke-
pemilikan. Sementara hanya wawancara terpilih
yang dikutip dalam artikel ini, komentar mereka
menunjukkan bukti dampak langsung dari mereka
yang berkuasa pada produksi berita. Hal ini penting
untuk mendengar dari para wartawan, dalam kata-
kata mereka sendiri, tentang bagaimana mereka me-
rasa praktek profesional mereka terhalang.

Trik Lama

Metode yang digunakan untuk mendisplinkan
wartawan di Indonesia saat ini tidak berbeda dengan
mereka yang bekerja di bawah rezim Soeharto.
Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana di
dalam ruang redaksi dimana wartawan takut dite-
gur jika mereka menulis tentang topik tabu atau men-
jelekkan hierarki yang berkuasa. Jadi, swasensor
didorong hingga menjadi bagian dari praktek
jurnalistik. Tekanan yang paling eksplisit diterapkan
ketika janji di dalam ruang redaksi dibuat untuk
mendukung kepentingan pemilik. Sebagai contoh,
ketika Presiden SBY menunjuk juru bicara Presiden,
Andi Mallerangeng. sebagai Direktur perusahaan,
banyak wartawan Jurnal Nasional mengeluh bahwa
instruksi sering datang dari Mallrangeng untuk
menggambarkan SBY dalamnuansapositif. Wartawan
Jurnal Nasional juga mengklaim bahwa Pemimpin
Redaksi, Ramadhan Pohan meminta mereka untuk
tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis yang
mungkin mempermalukan SBY pada konferensi pers,
dan ketika wartawan melakukannya, mereka ditegur
oleh Pohan dan Mallerangeng. Hal ini menyebabkan
mereka “merasa terkurung” karena mereka merasa
“tidak bisa menulis apapun" (Wawancara dengan
Anonim 1, 15 Maret 2010). Dalam sebuah wawancara
dengan penulis, Ramadhan Pohan menyatakan
bahwa: " Ini tidak seperti SBY mengontrol koran.
Dia tidak pernah mengatakan 'tidak menulis ini'.
Ini bergantung dengan interpretasi saya. Para Pe-
mimpin Redaksi harus menafsirkan kehendak SBY"
(Wawancara dengan Ramadhan Pohan, 14 April 2010).
“Interpretasi” ini kemudian disampaikan kepada
editor tiap bidang dan sub-editor. Pohan teringat ka-
sus di mana ia harus menegur wartawan dan editor
ketika Presiden SBY melakukan perjalanan ke kota
Bandung. Judul dan gambar yang menyertainya yang
diterbitkan di Jurnal Nasional pada hari berikutnya
adalah demonstrasi menentang SBY. Tapi Pohan
mengatakan: "Jumlahnya sangat kecil dibandingkan
dengan mereka yang mendukung SBY. Kita perlu
menekankan perspektif yang baik, [dan] harmoni.
Tanggung jawab saya adalah untuk berbicara dengan
wartawan dan editor. Aku berkata 'ini tidak baik'.
Aku harus meyakinkan wartawan dan editor saya
tentang gaya ini" (Wawancara dengan Ramadhan Po-
han, 14 April 2010).

Perjanjian manajerial yang kontroversial juga di-

23



Ross Tapsell, Trik Lama di Era Baru: Swasensor dalam Jurnalisme Indonesia

buat ketika Aburizal Bakrie membeli Surabaya Post
pada tahun 2008. Dua eksekutif dari Lapindo Brantas,
perusahaan kontroversial yang terlibat dalam
bencana semburan lumpur di Sidoarjo, Jawa Timur,
ditempatkan di posisi sebagai Direktur Surabaya
Post. Hal ini menyebabkan tekanan dari manajemen
tentang cara wartawan melaporkan semburan lum-
pur (Tapsell, 2010). Salah satu wartawan yang di-
wawancarai untuk penelitian ini, yang memilih un-
tuk anonim, mengatakan: "(Ketika) Para eksekutif
Lapindo membaca artikel yang mereka tidak suka,
mereka akan menghubungi Pemimpin Redaksi dan
protes. Pemimpin Redaksi kemudian akan berbicara
dengan Redaktur Pelaksana, yang akan berbicara
dengan editor lain, yang kemudian berbicara kepa-
da wartawan tentang masalah dengan berita" (Wa-
wancara dengan Anonim 2, 28 Januari 2010). Dengan
demikian, instruksi untuk “tersaring turun” melalui
struktur ruang redaksi dari pemilik kepada direksi
dan manajer yang ditunjuk secara khusus.

Wartawan di Surabaya Post mengklaim bahwa
ketika Bakrie menjadi pemilik surat kabar pada tahun
2008, suasana diciptakan dalam kaitannya dengan
bagaimana jurnalis harus melaporkan kepentingan
politik dan bisnis - khususnya, semburan lumpur.
Satu wartawan mengatakan:"Kami tidak bisa mela-
porkan semburan lumpur dengan mudah. Tidak ada
instruksi langsung dari keluarga Bakrie, namun
suasana itu sendiri melemparkan kita ke swasensor.
Tidak mudah bagi saya atau rekan-rekan saya untuk
mengekspresikan pikiran kami" (Wawancara dengan
Anonim 3, 28 Januari 2010). Dhimam Abror, yang saat
itu menjabat Pemimpin Redaksi, menjelaskan ba-
gaimana pengalamannya berurusan dengan agenda-
setter selama periode Orde Baru memungkinkan dia
untuk memahami bagaimana petunjuk direksi dan
manajer Bakrie harus ditafsirkan:

Sudah diketahuisecaraluasbahwa Bakrie memiliki
kepentingan bisnis dan politik. Pemilik tidak pernah
memberitahu kita secara langsung, karena kita tahu
garis batasnya. Untungnya, saya berpengalaman da-
lam hal ini. Warisan Orde Baru masih dalam benak
saya. Tidak ada intervensi langsung, tentu saja, tetapi
kita tahu bahwa lebih baik untuk menulis beberapa
berita dengan sudut pandang yang berbeda, atau
sudut yang berbeda (Wawancara dengan Dhimam
Abror, 28 Januari 2010).

Sudut yang “berbeda" berarti banyak berita
dari pers milik Bakrie yang tidak kritis terhadap
keterlibatan Aburizal Bakrie dan Lapindo dalam
semburan lumpur di Jawa Timur, dan laporan ten-
tang korban bencana juga dihindari. Wartawan me-
mahami petunjuk. Seperti yang dikatakan salah
seorang wartawan: "Manajemen tingkat menengah
menciptakan suasana swasensor dan cerita-ceri-ta
mengenai human interest tidak dinaikkan" (Wawan-
caradengan Anonim 4, 4 Februari 2010). Dengan demi-
kian, praktek swasensor menjadi terinternalisasi da-
lam ruang redaksi.

Kadang-kadanginstruksi diberikan terang-terang-
an dalam pertemuan editorial. Salah satu wartawan
Surabaya Post menyatakan bahwa:

Memang benar bahwa kita telah diberitahu untuk
tidak menulis hal-hal buruk tentang Lapindo dalam
kaitannya dengan gunung lumpur. Budaya berubah
sangat banyak karena kepemilikan berubah. Kami

24

biasa melaporkan dengan persis kondisi di lapangan,
dan dampak semburan lumpur. Kami jarang menulis
tentang hal itu sekarang. Lumpur masih terus keluar,
tetapi bagi kami, sepertinya bumi menelannya (Wa-
wancara dengan Anonim 5, 4 Februari 2010).

Bonny Triyana, wartawan yang mengundurkan
diri dari Jurnal Nasional dan Viva News yang dimiliki
Bakrie karena tekanan dari kepemilikan, mengingat
bahwa dalam sebuah pertemuan editorial di Viva,
editor menolak dengan terbuka untuk menaikkan
sebuah berita tentang kepentingan keluarga Bakrie.
Penjelasan yang diberikan adalah bahwa "itu tidak
baik bagi kita - kita baru [sebagai penerbitan]" (Wa-
wancara dengan Bonny Triyana, 25 Maret 2010).
Editor merasa bahwa jika mereka mengkritik pe-
milik organisasi berita mereka, itu bisa mengarah
pada konfrontasi yang tidak diinginkan dengan
manajemen, dan sebagai media publikasi baru, ini
berarti bersikap hati-hati.

Menurut Kardono Setyorakhmadi, wartawan
politik di Jawa Pos, Surabaya, “Pemilik adalah ham-
batan terbesar bagi kebebasan pers di Indonesia.
Petunjuk diberikan dari atas dan filter turun melalui
kebijakan editorial" (Wawancara dengan Kardono
Setyorakhmadi, 21 Februari 2010). Ia mencontohkan
kasus di tahun 2006 ketika ia diperintahkan oleh
Pemimpin Redaksi untuk "mundur" pada sebuah
berita yang melibatkan pemilik: "Kami akhirnya
menulis sekitar 20 persen dari berita itu. Dalam
kasus ini, Pemimpin Redaksi [anak Dahlan, Azrul
Ananda] terbuka tentang alasannya. Dia memi-
liki gaya yang lugas. Dia mengatakan bahwa kami
tidak bisa menulis seperti ini karena harus memper-
hitungkan kepentingan pemilik" (Wawancara de-
ngan Kardono Setyorakhmadi, 21 Februari 2010).
Namun, wartawan Jawa Pos lainnya, Ahmad Ainur
Rahman, menggambarkan instruksi-instruksi dari
manajer dan editor sebagai “intervensi lembut”. Dia
mengatakan: "Itu bisa terjadi dalam berbagai cara,
tetapi kebanyakan mereka melindungi kepentingan
teman-teman mereka dan mendorong kita untuk
tidak menulis cerita buruk tentang mereka atau
pengiklan" (Wawancara dengan Ahmad Ainur Rah-
man, 21 Februari 2010). Jika pengaturan ini dirusak
oleh wartawan, berita dapat diperhalus oleh editor.
Rahman mengatakan:

Tidak ada instruksi pasti atau manual. Kita ta-
hu jika kita menulis sesuatu [yang tabu] editor
akan tidak senang atau bahkan beberapa bagian be-
rita tidak akan muncul di versi akhir. Kami mulai
melakukan swasensor terhadap apapun yang kita
tulis. Ini menjadi mekanisme alami. Anda dapat
mulai mengetahui apa yang Anda bisa dan tidak bisa
tulis sehingga Anda mulai swasensor. Kita hanya
tahu (Wawancara dengan Ahmad Ainur Rahman, 21
Februari 2010).

Kardono menganggap itu adalah bagian dari prak-
tek profesional seorang jurnalis untuk bekerja dalam
pengaturan politik dan bisnis:

Saya tahu konstelasi politik dan mafia di Surabaya.
Saya tahu orang-orang yang memiliki pengaruh kuat
dan orang-orang yang teman dekat dengan bos saya
dan siapa yang tidak. Saya harus tahu siapa yang
merupakan teman dekat dari kepemimpinan Jawa
Pos. Jika saya harus menulis cerita tentang teman
dekat, saya akan memanggil editor, dan bertanya,



'Bagaimana kita harus menutupi hal ini?" Aku ta-
hu untuk tidak melewati batas." (Kardono Setyo-
rakhmadi, 21 Februari 2010).

Praktek memanggil editor sebelum memutuskan
cerita merupakan konsekuensi yang jelas dari te-
kanan yang ditempatkan pada wartawan, dan
Kardono adalah salah satu dari banyak wartawan
yang mengatakan kepada saya bahwa mereka akan
memanggil editor sebelum menulis sebuah cerita
tentang seorang teman dari manajemen. Wartawan
belajar bahwa mengkritik kepentingan pemilik berati
“melewati batas”. Hal in1 mengarah pada lingkungan
di mana ruang redaksi ditekan untuk menghindari
topik tabu. Selama Orde Baru, topik tabu adalah ke-
pentingan bisnis keluarga Soeharto, korupsi peme-
rintah, dan kritik pada militer. Hari ini, topik yang
tabu jelas mereka yang mengkritik pemilik bisnis
atau kepentingan politik. Salah satu staf senior The
Jakarta Globe, harian berbahasa Inggris milik James
Riady, mengatakan bahwa masalah terbesar dalam
pekerjaan mereka adalah kepemilikan:"Kamiberhati-
hati meliput Lippo. Belum ada kejadian dimana kita
terang-terangan diberi tahu untuk tidak menjalankan
sebuah berita penting, tapi kami merasakan tekanan
untuk lebih halus jika memberitakan Lippo atau Ja-
mes Riady”’(Wawancara dengan Anonim 6, 8 Maret
2010).

Muninggar Sri Saraswati adalah kepala reporter
politik Globe sejak awal tahun 2008. Pada bulan
Maret 2010, ia memutuskan untuk berhenti karena
dia merasa dia tidak memiliki kemandirian yang cu-
kup dari editor atau manajemen. Dia mengatakan:
"Jika Anda menulis sesuatu yang melibatkan Lippo,
Anda harus sangat berhati-hati. Ini bukan instruksi
langsung dari editor Anda - kita hanya tahu bahwa
kita tidak dapat melaporkan hal-hal tertentu. Mereka
meminta kami untuk menutupi peristiwa-peristiwa
tertentu dengan perusahaan, dan perintah menyaring
turun dari atas" (Wawancara dengan Muninggar Sri
Saraswati, 18 Maret 2010). Dengan demikian, praktek
profesional untuk banyak wartawan The Jakarta
Globe adalah untuk mengetahui topik yang mereka
bisa tulis secara terbuka dan mana yang tidak bisa
mereka liput karena tekanan dari manajemen.

Jika pesan belum dibuat jelas melalui panggilan
telepon dan instruksi manajemen, editor surat kabar
di Indonesia telah dikenal untuk mengubah isi berita.
Sedangkan sensor langsung oleh editor memiliki efek
langsung pada berita tertentu, konsekuensi yang
lebih tahan lama adalah ketakutan internal yang
disebabkan tindakan ini dalam ruang redaksi dengan
mendorong jurnalis untuk secara teratur melakukan
swasensor. Saraswati menyatakan bahwa "Semua
berita yang sensitif atau politis ditangani langsung
oleh Pemimpin Redaksi', dan bahwa 1a telah melihat
aspek-aspek kunci dariberita yang ditulisnya berubah
setelah publikasi (Wawancara dengan Muninggar Sri
Saraswati, 18 Maret 2010). Dia pernah diberitahu
oleh seorang editor bahwa berita yang ia tulis terla-
lu kritis terhadap Presiden. Hasilnya, katanya, ada-
lah kemunduran praktek jurnalistik profesional: "Se-
telah beberapa waktu, kami berhenti mengajukan
pertanyaan sulit, dan kita berhenti mengeluh kepada
manajemen atau editor karena ini telah menjadi
bagian dari sistem kerja surat kabar" (Wawancara
dengan Muninggar Sri Saraswati, 18 Maret 2010).

Jurnal Komunikasi Indonesia, Volume 1, Nomor 2, 2012

Demikian pula yang terjadi pada Janeman Latul,
wartawan bisnis Globe, memutuskan untuk pindah
ke Reuters pada bulan April 2010. Dia ingat menulis
cerita tentang pertempuran kelompok Lippo dengan
pesaing supermarket, Carrefour, di mana "kisah nya-
ta tidak keluar" dan bagian tertentu dihapus editor.”
Dia menyatakan bahwa: "Itu jelas dari pengalaman
bahwa jika taipan raksasa memiliki perusahaan, me-
reka cenderung mengubah berita. Saya kemudian
diberitahu bahwa kita mencetak [seluruh] berita, ki-
ta bisa mendapat masalah dari Lippo" (Wawancara
dengan Janeman Latul, 18 Maret 2010).

Para editor yang diwawancara untuk penelitian
ini mengakui bahwa ada saat-saat ketika mereka
mengejar kepentingan pemiliknya. Seperti dinyata-
kan sebelumnya, contoh yang jelas adalah selama
kampanye Presiden Golkar 2008, seperti perusahaan
media Surya Paloh dan Aburizal Bakrie yang berani
berkampanye untuk pemilihan masing-masing pemi-
lik (Lutfia dan Prameshwari, 2009). Lisa Luhur-Schad,
Presiden Direktur Media Indonesia, mengatakan
pembaca koran tidak terlalu khawatir tentang kepen-
tingan tersembunyi ini:;' “[Pada] saat pemilu, Paloh
tidak menghentikan kami untuk meliput (calon) yang
lain, tapi dia menggunakan lebih banyak halaman
dan ruang untuk dirinya sendiri. Kami masih meliput
yang lain. Semua orang tahu Media Indonesia dimi-
liki oleh Surya Paloh" (Wawancara dengan Lisa Lu-
hur-Schad, 1 Mei 2010). Pemimpin Redaksi Media
Indonesia, Suar Hutabarat, sepakat bahwa korannya
telah mendorong kepentingan Paloh dan memaafkan
ini dengan alasan bahwa lanskap media di Indonesia
sudah sedemikian rupa sehingga tidak ada lagi pub-
likasi tidak memihak. Dia mengatakan:

"Semua orang tahu, suatu hari Surya ingin menjadi
Presiden. Masyarakat memahami bahwa koran kami
akan bersimpati terhadap dirinya. Setiap surat ka-
bar memiliki preferensi untuk calon dan tidak ada
media yang benar-benar independen dalam waktu
pemilihan" (Wawancara dengan Suar Hutabarat, 1
Mei 2010).

Hutabarat mungkin benar, bahwa dengan me-
ning-katnya hubungan antara kepemilikan media
dengan politik dan bisnis, surat kabar lebih terbuka
dalam mendukung kandidat Pemilu. Tapi wartawan
Media Indonesia mengeluh tentang kurangnya kese-
imbangan dalam liputan di koran dan bahwa berita
yang kredibel telah digantikan oleh liputan kampanye
Surya (Hidayatet al., 2009, hlm 127-28). Agus Sudibyo,
Ketua Komisi Etika di Dewan Pers Indonesia, setuju,
dengan mengatakan: “Masalahnya adalah struktur
internal media. Siapa saja yang memiliki uang dapat
menggunakan media. Misalnya, [selama] kompetisi
untuk Golkar antara Bakrie dan Paloh [pada 2008],
saya berbicara dengan banyak wartawan yang tidak
senang karena terus-menerus harus menutupi bos
mereka dalam berita" (Wawancara dengan Agus Su-
dibyo, 29 April 2010).

Instruksikonsisten dan teguran perlu diperhatikan
jika wartawan ingin terus melaporkan politik dan isu

10 Untuk membaca apa yang dipublikasikan lihat Janeman
Latul, * Pluit Village Owner says Carrefour’s Lease Invalid’,
The Jakarta Globe, 13 Agustus 2009. Tersedia di http:/
www.thejakartaglobe.com/business/pluit-village-owner-says-
carrefours-lease-invalid/323938, diakses 1 Agustus 2011.

25



Ross Tapsell, Trik Lama di Era Baru: Swasensor dalam Jurnalisme Indonesia

terkini. Jurnalis muda melihat bahwa rekan-rekan
yang tidak mengikuti perintah dari manajemen atau
editor dapat dengan cepat diganti. Saya berbicara
dengan seorang wartawan yang, sementara pelaporan
untuk meja politik, ketika meliput untuk bidang
politik, meliput seorang teman pemilik (media) de-
ngan tidak baik. Dia tiba-tiba menemukan dirinya
meliput olahraga lokal. Baru-baru ini, wartawan
Wimar Witoelar mengeluh bahwa ia telah dipecat
dari sebuah talk show MetroTV karena ia secara
tidak langsung menghina Surya Paloh (Oktofani,
2011). Seperti yang dikatakan salah satu wartawan:
"Kadang-kadang saya merasa seperti saya sendiri
menyensor laporan saya. Aku punya garis merah.
Karena saya tidak menulis segala sesuatu, saya masih
memiliki pekerjaan" (Wawancara dengan Anonim 7,
13 April 2010).
Wartawan lain mengatakan kepada saya:

"Kami menulis dengan lebih sensitif dan ini sulit untuk
dijelaskan. Kami memberikan cubitan bukan tamparan.
Anda tidak tahu betapa kuatnya orang-orang ini. Mereka
dapat menurunkan Menteri, Polisi, Gubernur. . . Ini tidak
akan sulit bagi mereka untuk mengatur bagi saya untuk
dipecat. [tu adalah ketakutan terbesar saya, bahwa suatu
hari saya akan dipecat" (Wawancara dengan Anonim 8,
15 Februari 2010).

Contoh-contoh di atas telah menguraikan teknik
yang digunakan untuk membatasi otonomi jurnalis
di Indonesia. Ini termasuk panggilan telepon dan
tegurandaripejabatdaneditor, penetapan agendaoleh
manajemen dan pemimpin redaksi, dan pencip-taan
lingkungan di dalam ruang redaksi dimana wartawan
didorong untuk waspada terhadap topik tabu, dan
mempraktikkan swasensor selagi mereka menulis.
Dalam kasus-kasus yang dibahas ini jelaslah bahwa
seringkali berita tidak dibentuk oleh kepentingan
umum, atau media sebagai watchdog - nilai-nilai yang
dinilai krusial oleh jurnalis surat kabar kontemporer
Indonesia dalam praktek profesional mereka — tetapi
lebih pada tuntutan dari atasan yang berhati-hati
untuk tidak mempublikasikan artikel yang dianggap
sensitif terhadap kepentingan pemilik.

Kesimpulan

Menurut wartawan yang bekerja untuk surat kabar
yang disurvei dalam artikel ini, pembelian baru atau
pembentukan surat kabar oleh anggota elit politik dan
bisnis telah menyebabkan publikasi mereka diguna-
kan untuk mempromosikan kepentingan pemiliknya.
Sementara pemilik yang dibahas dalam artikel ini
memiliki berbagai tingkat kekuasaan dan ambisi
politik (misalnya, Aburizal Bakrie adalah sosok yang
jauh lebih kuat dalam politik Indonesia dan bisnis
daripada Dahlan Iskan), wartawan yang bekerja
untuk surat kabar ini berbicara dengan jelas tentang
topik tabu dan swasensor. Pada akhirnya, penebitan
yang diperiksa dalam artikel ini cenderung untuk
membatasi liputan pada bisnis atau kepentingan po-
litik pemiliknya. Yang terburuk, mereka bisa men-
jadi “koran kecil untuk kelompok tertentu" (Haryanto,
2011, h. 114).

Meskipun koran-koran ini baru didirikan (atau
didirikan ulang) di era kebebasan pers di Indonesia,
wartawan yang bekerja untuk penerbitan ini terus
berperang untuk hak meliput secara bebas, dan

26

editor harus berhati-hati dalam mempublikasikan
berita yang mungkin menentang atau membuat
marah elite berkuasa yang memiliki koneksi dengan
penerbitan tersebut. Seperti yang ditulis Rachma
Ida: "ruang demokratisasi praktek media berkurang
ketika saluran untuk wacana publik yang diperlukan
untuk reformasi media dikendalikan oleh mereka
yang menganggap praktik seperti itu akan menjadi
ancaman" (Rachma Ida, 2011, hal 16). Robison dan
Hadiz berpendapat bahwa transisi dari pemerintahan
otoriter hanya dilihat sebagai "munculnya kembali
aliansioligarkis baru yang dengan mudah dakomodasi
dalam bentuk demokrasi dengan karakter politik uang
dan kepantasan ekstra-legal atas kekuasaan negara"
(Robison dan Hadiz , 2004, hal 224). Yuli Ismartono,
Pemimpin Redaksi Tempo (English) mengatakan
dengan lebih blak-blakan dalam sebuah wawancara
dengan penulis: "Mentalitas Orde Baru mungkin ada-
lah kekuasaan, dan itu dipaksakan. Sekarang, uang
yang menjadi kekuasaan" (Wawancara dengan Yuli
Ismartono, 30 April 2010). Meskipun Departemen
Penerangan ditutup pada tahun 1999, praktek swa-
sensor - sebuah metode kunci dalam membatasi kri-
tik pada elit penguasa di bawah rezim Orde Baru-
masih jelas terlihat dalam jurnalisme Indonesia saat
ini. Dengan perkataan mereka sendiri, wartawan
koran Indonesia telah menggambarkan situasi yang
mengkhawatirkan dalam surat kabar baru yang di-
miliki oleh mogul media.

Tentu saja, isu-isu kepemilikan pers tidak terba-
tas pada Indonesia, atau negara-negara yang baru
berdemokrasi, tapi artikel ini memberikan bobot
lebih lanjut untuk argumen Robison dan Hadiz, yang
menyatakan bahwa situasi kekuasaan oligarki di In-
donesia pasca-Soeharto bukan hanya soal “rasa sakit
yang terus tumbuh” dalam masa awal demokrasi
liberal (Robison dan Hadiz, 2004, hal. 256). Masalah
yang diciptakan oleh kepemilikan bukanlah tahap
yang tak terelakkan dalam awal reformasi dalam
kebebasan pers di Nusantara. Evolusi mekanisme ke-
kuasaan di Indonesia belum bergerak dengan mudah
dari rezim otoriter ke pers yang dapat menulis dengan
bebas pada semua topik.

Kemampuan untuk mencegah aliran informasi
yang bebas di publikasi media kurang efektif saat
ini dibandingkan selama era Soeharto. Dari tahun
1965, tentakel Orde Baru mencapai semua koran,
dan praktek swasensor yang ketat ditegakkan me-
lalui topik tabu yang dipahami seluruh industri,
seperti militer atau kepentingan bisnis keluarga
presiden. Robison dan Hadiz berpendapat bahwa
"rezim baru oligarki akan menciptakan ketegangan
dan kontradiksi, dan perebutan kekuasaan seperti
itu di oligarki kadang-kadang akan lebih 'terbuka' di
ranah publik" (Robison dan Hadiz, 2004, hal. 258).
Sebuah contoh yang baik dari ini adalah pertempuran
untuk kepemimpinan Golkar antara rival mogul
media Aburizal Bakrie dan Surya Paloh yang telah
dijelaskan di atas. Dengan demikian, di Indonesia
baru yang mengalami demokrasi, sedangkan masing-
masing penerbitan mempertahankan “topik tabu” nya
sendiri, kisah-kisah in1 masih lebih mudah diakses di
ranah publik daripada topik tabu di masa Orde Baru.
Misalnya, wartawan Surabaya Post yang mengeluh
karena tidak bisa menulis secara terbuka tentang
semburan lumpur di Sidoarjo, tapi wartawan Grup



Jawa Pos menulis simpati mengenai korban lumpur
dan mengkritik keterlibatan Lapindo dalam bencana
secara terbuka dan konsisten. Meski demikian, se-
perti yang Robison dan Hadiz simpulkan: "Politik
Indonesia kontemporer menampilkan beberapa
kontinuitas yang luar biasa dengan era Soeharto,
terutama dalam hal persaingan kepentingan dan do-
rongan merekonstruksi kerangka politik" (Robison
dan Hadiz, 2004, hal 224).

Dengan demikian, penelitian ini berpendapat
bahwa ada kesinambungan swasensor dalam
praktek profesional wartawan Indonesia dan bahwa
ini merupakan masalah penting yang layak dido-
kumentasikan. Saat ini, kebebasan pers di Indone-
sia terus beroperasi sedemikian rupa sehingga ba-
nyak wartawan harus melakukan swasensor pada
artikel mereka untuk menunjukkan bahwa mereka
menyadari siapa yang berkuasa.

Seperti disebutkan di atas, wartawan Indonesia
selama Orde Baru belajar untuk menggunakan “pe-
san tersembunyl" dalam liputan mereka karena
mereka tidak mampu menulis secara terbuka pada
topik-topik tertentu. Mereka yang membeli surat
kabar di Indonesia belajar "membaca di antara ga-
ris". Sampai sejauh mana praktek ini masih ada
adalah masalah yang layak dieksplorasi lebih lanjut,
terutama dalam kaitannya dengan respon terhadap
situasi kepemilikan surat kabar audiens saat ini. Ba-
g1 banyak orang Indonesia, pers selalu menjadi organ
bagi mereka yang berkuasa. Penelitian lebih lanjut
dapat meneliti aspek sosiologis dari media, termasuk
harapan pembaca. Apakah publik Indonesia juga
memiliki pendapat yang sama dengan banyak war-
tawan Indonesia bahwa pers harus bebas dan tidak
memihak? Sejauh mana mereka memahami kendala
ini dan menyaringnya? Pembaca mungkin menyadari
bahwa Surya Paloh memiliki Media Indonesia, na-
mun intrik yang lebih halus, seperti cara di mana

Jurnal Komunikasi Indonesia, Volume 1, Nomor 2, 2012

eksekuti Lapindo membentuk berita dalam Surabaya
Post, mungkin kurang disadari.

Hal in1 penting untuk dinyatakan bahwa war-
tawan jarang ditegur secara pribadi oleh pemilik
yang sebenarnya dari surat kabar mereka. Dalam
wawancara saya, hampir semua wartawan menya-
takan bahwa mereka belum pernah bertemu dengan
pemilik, dan tentu saja tidak menerima doku-men
atau kebijakan resmi mengenai peliputan kepen-
tingan bisnis atau politik dari pemilik. Setelah
wartawan ditegur atau dipindahkan ke meja lain
karena melaporkan “topik tabu", nilai-nilai yang di-
internalisasi di ruang redaksi dengan cepat menjadi
praktek swasensor yang dipahami bersama. Artikel
menjadicondong pada pemilik, pertanyaan kritis tidak
diajukan, dan topik sensitif dihindari. Pemilik media
yang bertujuan pada pasar dan konglomerat telah
mengurangi independensi banyak penerbitan, dan
para wartawan yang berjuang untuk mendapatkan
kembali otonomi mereka menemukan tugas sulit.
Seperti yang ditulis dengan tepat oleh Janet Steele:

"Dalam beberapa hal, lebih mudah bagi wartawan
untuk menentang diktator daripada untuk melawan
kekuatan pasar" (Steele, 2011, h. 99). Meningkatnya
jumlah surat kabar yang dibeli atau didirikan oleh
pengusaha dan politisi di Indonesia, berhubungan
dengan kurangnya tindakan pencegahan terhadap
meningkatnya kartelisasi kepemilikan media (Hary-
murti, 2010, h. 17), dapat membawa kita untuk
berspekulasi: Siapa, selain mereka yang memiliki
kepentingan pribadi, yang akan mampu untuk me-
miliki koran di masa depan? Dan apa pembatasan
yang akan terus dihadapi wartawan surat kabar
dalam praktek profesional mereka, karena mereka
berangkat dengan tujuan untuk meliput secara aku-
rat dan mencakup berbagaiisu untuk orang Indonesia
yang mengandalkan media cetak untuk berita ter-
percaya dan seimbang?

Daftar Pustaka

Barton, G. (2002). Abdurrahman wahid: muslim, democrat, Indonesian
president. Sydney: UNSW Press.

Committee to Protect Journalists (1995). In the censor’s shadow:
journalism in Suharto’s Indonesia. New York: Committee to
Protect Journalists.

Darudoyo, H. (2009). Editorial dependence. Inside Indonesia,

95. Diakses tanggal 14 Februari 2010 dari http://www.
insideindonesia.org/edition-95/editorial-dependence

Dhakidae, D. (1991). The state, the rise of capital and the fall of
political journalism: political economy of the Indonesian news
industry. Ithaca, New York: Cornell University Press.

Eun Suk Sa (2009). Factors influencing freedom of the press in South
Korea. Asian Social Science, 5(3), h.1-24.

Fitzpatrick, S. (2006) Suharto’s legacy rules and divides. The
Australian, Diakses tanggal 19 Maret 2010 dari http://www.
theaustralian.com.au/news/world/suhartos-legacy-rules-and-
divides/story-e6frg6so-1111

Forbes Magazine (2011). Indonesia’s 40 richest wealth list. Forbes
Magazine, 2(12), Desember.

Freedom House (2011). Report on press freedom. Diakses tanggal
26 Maret 2011 dari http://freedomhouse.org/template.cfm?
page 4668, dan dari http://freedomhouse.org/images/File/
fop/2011/FOTP2011GlobalRegionalTables. pdf

Hanitzsch, T. (2007). Mapping journalism culture: a theoretical
taxonomy and case studies from Indonesia. Asian Journal
of Communication, 16(2), h.169-86.

Haryanto, I. (2011). "Media ownership and its implications for
journalists and journalism in Indonesia". Dalam D. Hill dan
K. Sen (Eds.), Politics and the media in twenty-first
century Indonesia: decade of democracy (h.104—118). New
York: Routledge.

Harymurti, B. (2010). Under the rule of press law. Walkley Magazine,
15 April.

Heryanto, A. (2003). Public intellectuals, media and democratization:
Cultural politics of the middle classes in Indonesia. Dalam A.
Heryanto dan S. Mandal (Eds.), Challenging authoritarianism
in Southeast Asia (h.24—60). New York and London:
RoutledgeCurzon.

Hidayat, D.N., E. Gazali & V. Menayang (2009). Political
communication in Indonesia: Media performance in
three eras. Dalam L. Willnat dan A. Aw (Eds.), Political
communication in Asia (h.112-34). New York: Routledge.

Hill, D.T. (1994). The press in New Order Indonesia (Asia Papers No.
4). Perth: University of Western Australia Press.

Hill, D.T. & K. Sen (2007). The internet in Indonesia’s new
democracy. London; New York: Routledge.

Hill, D.T. (2011). On the border: Local media in the land of Papua.
Dalam D. Hill dan K. Sen (Eds), Politics and the media in
twenty-first century Indonesia: Decade of democracy, h.26-
48. London; New York: Routledge.

Jawa Pos (2010). Jawa Pos: Newspaper for Everyone. Jawa Pos
Group.

27



Ross Tapsell, Trik Lama di Era Baru: Swasensor dalam Jurnalisme Indonesia

Kakiailatu, T. (2007). Media in Indonesia: forum for political change
and critical assessment. Asia Pacific Viewpoint, 48(1), h.
60-71.

Kitley, P. (2008a). Civil society and the media in Indonesia. Dalam A.
Azra dan W. Hudson (Eds), Islam beyond conflict: Indonesian
Islam and Western political theory. Burlington: Ashgate.

Kitley, P. (2008b). Winning an information war: An Indonesian case
study, Dalam E.A. Thompson dan P.R.R.White (Eds.),
Communicating conflict: Multilingual case studies of the
news media, London: Continuum.

Lee Kuan Yew (1992). Discipline versus democracy. Far Eastern
Economic Review, 10 Desember, h.29.

Lee, O.H. (1971). Indonesian government and the press during guided
democracy (Hull Monographs on Southeast Asia No. 4). Hull,
Inggris: University of Hull.

Luan, N.M. & L. Hoon (2008). Journalism education in Malaysia.
Media Asia, 35(2), h.84-101.

Lutfia, I. and P. Prameshwari (2009). Golkar moguls’ TV clash shows
media bias: Critics. The Jakarta Globe, 1 Okober. Diakses
tanggal 25 Maret 2011 dari http://www.thejakartaglobe.
com/indonesia/golkar-moguls-tv-clash-shows-media-bias-
critics/333031

Mahathir, M. (1985). A prescription for a socially responsible press.
Media Asia, 12(4), h. 212-15.

McMichael, H. (2009). The Lapindo mudflow disaster: Environmental
infrastructure and economic impact. Bulletin of Indonesian
Economic Studies, 45(1), h. 73-83.

Mellish, M. (2006). Why it’s all quiet on the West Papua Front. Walkely
Magazine, 44.

The New York Times (2001). Businessman to pay record campaign
fine, 20 Maret. Diakses tanggal 21 April 2011 dari

http://www.nytimes.com/2001/03/20/us/national-news-
briefs-businessman-to-pay-record-campaign- fine.
html?refsjamestriady, accessed 21 April 2011.

Oktofani, E. (2011). Show’s end not down to Tweet. The Jakarta
Globe, 6 April. Diakses tanggal 21 Juni 2011 dari

http://www.thejakartaglobe.com/home/shows-end-not-down-to-tweet-
metro-tv/433942, accessed 21 June 2011.

Prasad, K. (2008). The false promise of media liberalisation in
India. Dalam C. George (Ed.), Free markets, free media?
Reflections on the political economy of the press in Asia.
Nanyang: Nanyang University Press

Rachma Ida (2011). Reorganisation of media power in post-
authoritarian Indonesia: Ownership, power and influence of
local media entrepreneurs. Dalam D. Hill dan K. Sen (Eds),
Politics and the media in twenty-first century Indonesia:
Decade of democracy (h. 14-25). New York and London:
Routledge.

Rahman, A.A. Wawancara pribadi, 21 Februari 2010, Surabaya.

Reporters Without Borders (2011). World Press Freedom Index

28

2011-2012. Diakses pada tanggal 12 Februari 2012 dari
http://en.rsf.org/press-freedom-index-2011-2012,1043.html

Robison, R. & V. Hadiz (2004). Re-organising power in Indonesia: The
politics of oligarchy in an age of markets. London and New
York: RoutledgeCurzon.

Rodgers, P. (1982). The domestic and foreign press in Indonesia.
Brisbane: Centre for the Study of Australian-Asian Relations,
Griffith University.

Romano, A. (1999). Developmental journalism: State versus
practitioner perspectives in Indonesia. Media Asia, 26(4),
h.183-91.

Romano, A. (2003). Politics and the press in Indonesia:
Understanding an evolving political culture. London; New
York: RoutledgeCurzon.

Romano, A. (2005). Asian journalism: News, development and the
tides of liberalization and technology. Dalam A. Romano dan
M. Bromley (Eds), Journalism and democracy in Asia (h.
1-14). London; New York: Routledge.

Schiller, J., A. Lucas, & P. Sulistiyanto (2008). Learning from the East
Java mudflow: Disaster politics in Indonesia. Indonesia, 85,
April, h.51-78.

Schwartz, A. (1994). A nation in waiting; Indonesia in the 1990s.
Sydney: Allen and Unwin.

Sen, K. (2011) Introduction: Re-forming media in Indonesia’s
transition to democracy. Dalam D. Hill dan K. Sen (Eds),
Politics and the media in twenty-first century Indonesia:
Decade of democracy (h.1-12). London; New York:
Routledge.

Seneviratne, K. (2008). Journalism by whom, for whom? Dalam C.
George (Ed.), Free markets, free media? Reflections on the
political economy of the press in Asia. Nanyang: Nanyang
University Press.

Steele, J. (2011). Indonesian journalism post-Suharto: Changing
ideals and professional practices. Dalam D. Hill dan K.

Sen (Eds), Politics and the media in twenty-first century
Indonesia: Decade of democracy (h.85-103). New York:
Routledge.

Steele, J. (2006). Wars within: The story of Tempo, an
independent magazine in Suharto’s Indonesia. Jakarta:
Equinox.

Suharto (1989). The role of the press in national development.
Dalam Achal Mehra (Ed.), Press systems in ASEAN states.
Singapura: AMCRIC.

Tapsell, R. (2010) Stopping the flow. Inside Indonesia, 101, Diakses
pada tanggal 20 Februari 2011 dari

http://www.insideindonesia.org/weekly-articles-101-jul-sep-2010/
stopping-the-flow-10071903

United Nations Development Program (1998) Human development
report, 1998. Paris: UNDP.



