Gunawan, Maezun Nafis Marzuqi,Nugroho Adhi Santoso,Rifki Dwi Kurniawan
37
TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS: PENERAPAN MULTIMEDIA DALAM
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Gunawan
1
,Maezun Nafis Marzuqi
2
,Nugroho Adhi Santoso
3
,Rifki Dwi Kurniawan
4
Program Studi Teknik Informatika STMIK Tegal
12
,Program Studi Sistem Informasi STMIK Tegal
34
Indonesia
ARTIKEL INFO:
Diterima:
8 September 2022
Direvisi:
9 September 2022
Disetujui:
12 September 2022
ABSTRAK
Media adalah sesuatu yang menyalurkan pesan atau perantara pesan. Sedangkan media
pembelajaran adalah perangkat yang menyampaikan pesan-pesan pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengkaji dan membandingkan jurnal
penelitian yang berbeda, apakah penerapan multimedia sebagai media pembelajaran
akan membuat pembelajaran lebih efektif dan mempengaruhi hasil belajar. Metode
yang saya gunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), jurnal yang akan
dianalisis adalah jurnal yang berkaitan dengan penerapan multimedia dalam
pengembangan media pembelajaran. Pertama-tama, penelitian ini terlebih dahulu
mengumpulkan jurnal-jurnal yang berhubungan dengan penelitian saya. Hasil akhir dari
penelitian ini diperoleh bahwa penerapan multimedia dalam media pembelajaran
menunjukkan dapat difungsikan dengan hasil yang efektif dan berpengaruh positif
terhadap pembelajaran.
Kata kunci: Penerapan Multimedia, Pengembangan Media Pembelajaran,
Multimedia Sebagai Media Pembelajaran.
ABSTRACT
Media is something that is channeling messages or intermediary messages. While
learning media is a device that passes on learning messages. The purpose of this study
itself is to review and compare different research journals, whether the application of
multimedia as a learning medium will make learning more effective and affect learning
outcomes. The method I use is Systematic Literature Review (SLR), the journals that
will be analyzed are journals related to the application of multimedia in the development
of learning media. First of all, the research first collected journal journals related to my
research. The final result of this study was obtained that the application of multimedia
in learning media shows that it can be functioned with effective results and have a
positive influence on learning.
Keywords: Multimedia Application, Learning Media Development,
Multimedia as a Learning Medium
Jurnal Ekonomi Teknologi & Bisnis (JETBIS)
Volume 1, Number 1, September 2022
p-ISSN 2964-903X ; e-ISSN 2962-9330
Tinjauan pustaka sistematis: penerapan multimedia
dalam pengembangan media pembelajaran
Gunawan, Maezun Nafis Marzuqi,Nugroho Adhi Santoso,Rifki Dwi Kurniawan
38
PENDAHULUAN
Hasil dari pengolahan memori dapat disebut pembelajaran bila memiliki pengaruh pada
pemahaman seseorang. (Malin, 2017) Menurut(Hamalik, 2008)Pembelajaran adalah unsur-unsur
penggabungan antara lain adalah lingkungan belajar dapat disebut sebagai pembelajaran.(Sudjana,
2010)Media adalah sesuatu yang bersifat untuk penyalur pesan dan bisa menjadi alat komunikasi satu
sama lain,keinginan yang kuat pada manusia bisa mendorong terajadinya proses belajar pada manusia
tersebut.(Sanaky, 2013)Apabila penggunaan media dilakukan dengan efektif dan pemikiran yang
kreatif dapat memberdayakan siswa untuk belajar lebih keras dan dapat meningkatkan pemikiran kritis
peserta didik supaya dapat menggapai tujuan yang ingin dicapai.(Rob, 1997)Sedangkan menurut
(Djamarah & Zain, 2010)Media merupakan alat sarana yang dapat dijadikan penyalur pesan dengan
tujuan pembelajaran atau tujuan lainya.(Anggraini et al., 2019).“Media” diambil dari kata latin
“medium”,yakni perantara atau penyalur.(Rasyid et al., 2017)(Rasyid et al., 2017)Sedangkan media
pembelajaran adalah unsur-unsur acuan pembelajaran berupa sarana fiksi dengan menggunakan materi
yang efektif dalam belajar bisa memicu seseorang supaya memiliki motivasi dan antusiaisme dalam
belajar.Menurut (Kustandi & Sutjipto, 2011)Sarana alat yang digunakan dalam penyampaian
pembelajaran,antara lain seperti buku,video,gambar.(Sanaky, 2013)Yang dimaksud dengan media
pembelajaran adalah alat untuk menyampaikan materi pembelajaran.Dengan menggunakan media bisa
mamacu siswa untuk lebih semangat dan dapat mengembangkan motivasi mereka di pembelajaran.
(Rahmi et al., 2019)Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju dapat dimanfaatkan
untuk membuat inovasi di dalam pembelajarann.Contohnya penggunaan komputer di dalam
pembelajaran untuk peningkatan media visual di pengajaran dan dapat difungsikan untuk penyampaian
pesan di materi pembelajaran.(Rahmi et al., 2019)Penggunaan media pembelajaran berkaitan erat
dengan terwujudkanya pembelajaran yang maju, antara lain yakni kesuksesan pembelajaran.(Sudjana,
2010)Suatu kegiatan pendidikan sangat berkaitan dengan pengkajian pembelajaran. Memberikan pesan
atau sumber pembelajaran kepada peserta didik atau si penerima pesan.Yang mana si penyampai pesan
anata lain adalah dosen dan guru,pesan yang dijabarkan adalah materi pembelajaran tersebut,
Sedangkan media adalah alat untuk menyampaikan pesan atau materi pembelajaran ini ke penerima
pesan atau peserta didik.(Haslina, 2020)Pernahkah anda melihat pengajar materi terkadang kesulitan
untuk menerangkan materi mata pelajaran ke peserta didik? Contohnya : Pengajar akan menjelaskan
tentang seekor binatang padang pasir yang disebut unta kepada peserta didik di jenjang sekolah TK atau
SD.(Priyambodo & Khaizuron, 2020) Contoh lainnya pengajar ingin menerangkan sebuah kereta api
ke peserta didik di daerah yang tidak mrmpunyai kereta api, pengajar akan menerangkan sebuah pasar
terapung,pengajar akan menerangkan bahaya yang terkandung dalan suatu narkoba dan zat adiktif.
Berikut ini adalah cara-cara yang mungkin bisa dilakukan pengajar yang akan
menerangkan.(Permatasari, 2019)Cara yang pertama,pengajar menyeritakan sebuah unta, kereta api,
pasar terapung atau narkoba dan zat adiktif.(Nurazizah et al., 2021)Pengajar bisa menyeritakan dengan
dasar dari membaca buku, pengealaman,cerita orang atau sudah pernah melihat objek itu
sendiri.(Anggreni, 2020)(Anggreni, 2020) Apabila peserta didik di suatu kelas sama sekali belum
pernah dijelaskan,belum pernah melihat objek yang diterangkan di media, mungkin sulit bagi pengajar
menerangkan dengan modal kata-kata yang mengarah ke penjelasan si pengajar.Semisal sipengajar
seorang yang ahli berceritera, mungkin cerita pengajar itu lebih menarik untuk peserta didiknya.Namun
tidak semua orang mempunyai bakat menyampaikan cerita.(Nata & Putra, 2021)Penjelasan hanya
dengan kata di era sekarang mungkin kurang optimal,terkadang peserta lebih tahu tentang materinya.
(Maulana et al., 2021)Dengan ilsutrasi seperti diatas ini terjadi akibat perkembangan media yang begitu
pesat.Saat ini pengajar tidak lagi merupakan satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik.Contohnya,
Peserta didik dapat lebih mengerti terlebih dahulu dikarenakan mereka mengakses internet untuk media
belajar yang fleksibel:situs belajar di google,aplikasi mobile,handphone,dan youtube.Sedangkan
seringkali pengajar ada yang kurang uptodate tentang teknologi di internet yang mudah
diakses.(SAPUTRA, 2020)Bagaimanakah pengajar menyikapi tentang perkembangan teknologi yang
modern ini di dalam media pembelajaran? Setidaknya si pengajar yang sudah berumur harus belajar
Vol 1, No 1 September,2022
Tinjauan pustaka sistematis: penerapan multimedia
dalam pengembangan media pembelajaran
39
https://jetbis.al-makkipublisher.com/index.php/al/index
otodidak ataupun dari orang lain terdekat supaya dapat mengimbangi peserta didik.(Sutjiono,
2005)Perkembangan teknologi yang maju ini sangat berpengaruh di kehidupan sehari hari.Peningkatan
ini juga berperan dalam kemajuan media pembelajaran. Dengan kemajuan media pembelajaraan, Saat
ini belajar dengan media akan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik nya
dengan tidak mengurangi isi materi tersebut.(Kustandi & Sutjipto, 2011)Contohnya adalah penggunaan
multimedia dalam pembelajaran merupakan contoh pengembangan di media pembelajaran.Di zaman
modern ini,sebuah teknologi sekarang sealalu berdampingan di keseharian manusia.(Huda,
2013)Banyak orang memfungsikan teknologi untuk melaksanakan kegiatan,contohnya penggunaan
komputer di bidang pendidikan. Hampir di setiap kegiatan pendidikan memfungsikan komputer untuk
lebih mengefektifkan dan menjabarkan sesuatu di materi pembelajaran.(Haslina,2020)Dalam
menyampaikan pembelajaran yang sukses dan produktif,salah satu caranya adalah dengan
menggunakan media multimedia.(Hamalik,2008)Multimedia digunakan untuk lebih menunjang
pembelajaran juga supaya peserta didik lebih bisa memahami apa yang sedang dibahas si
pengajar.Sebelum tahun 1980-an, Multimedia memiliki arti himpunan peralatan media untuk
menyampaikan hasil presentasi Setelah tahun 1980-an,multimedia dicirikan sebagai penyampaian data
yang cerdas dan terintegrasi yang menggabungkan teks,gambar, suara,video,atau aktivitas.Multimedia
mengarah ke penggunaan komputer yang menggunakan seperti foto,video, animasi.Sekarang ini peserta
didik diwajibkan untuk memahami dan bersikap kritis dalam materi dan penting juga supaya bisa
memilih media pembelajaran sebagai alat intuk menentukan hasil belajar peserta didik. (Mustaqim,
2017)Media pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa memperoleh hasil belajar yang baik,
Jenis- jenis aplikasi multimedia ini antara lain: seperti penyampaian presentasi,pelatihan, dan
pemberian informasi jua perlu menggunakan gambar animasi gerak dan video, suara yang dimunculkan
bersamaaan dengan teks dan foto(Rasyid et al.,2017) (Permatasari, 2019)Beberapa pendidik
menggunakan media pembelajaran dalam memaknai materi.Multimedia merupakan salah satu bagian
dari penemuan yang memainkan peran penting dalam latihan mendidik dan belajar.(Djamarah & Zain,
2010)Dengan adanya multimedia ini sangat bermanfaat khususnya dalam bidang persekolahan karena
dapat menjadikan materi yang dapat dianggap menarik oleh siswa dan mudah dipahami,kita ketahui
bahwa sekarang mungkin semua orang mempunyai alat komunikasi yang lebih memudahkan kita,
dimana alat ini dapat dengan mudah menmbuka medsos dan mencari ilmu pengetahuan melewati
internet.Dengan kemajuan Inovasi Data, bidang pendidikan semakin maju, terutama untuk membuat
media dan materi di bidang pelatihan lebih menarik,ringkas dan efektif.(Priyambodo, 2020)(Deliany et
al., 2019)Terlebih lagi dalam bidang pelatihan itu sendiri, pemberdayaan Inovasi Data ini untuk
kemajuan sistem pendidikan.(Rob, 1997)berpendapat “IMM has the potential to accommodate people
with different learning style”.Multimedia tersebut dapat membantu teknik pembelajaran dengan
berbagai model.(Arsyad, 2013)Philips melanjutkan,Mengatakan bahwa penglihatan dan suara yang
cerdas ini berpotensi menciptakan iklim multisensor yang mendukung pembelajaran. Berdasarkan hal
diatas,multimedia dalam pembelajaran bisa dimanfaatkan ke 3 fungsi,yakni sebagai berikut:
Multimedia bisa digunakan untuk alat bantu instruksi; Multimedia bisa digunakan untuk cara interaktif,
contohnya di simulasi;Multimedia bisa digunakan untuk acuan belajar,contohnya, multimedia
dimanfaatkan sebagai penyimpanan serangkaian slide mikroskop atau radiograf.(Arnada & Putra,
2018)Di dalam peneletian ini,metode yang saya gunakan adalah metode SLR, yakni dengan memilih
jurnal dan mengulas jurnal penelitian terdahulu yang berkaitan dengan penelitian saya sendiri. Dengan
acuan penelitian dengan jurnal yang sudah terpublish di google scholar.(Anggraini et al., 2019)Proses
selanjutnya apabila jurnal telah terkumpul adalah mengulas jurnal penelitian dengan metode SLR.
METODE PENELITIAN
Sebagai referensi data saya melakukan penelitian jurnal-jurnal terdahulu yang sudah saya
rekap. (Rehi, 2021)Hal ini memudahkan saya dalam memahami isi penting penelitian dari jurnal-jurnal
yang telah direkap sesuai dengan judul penelitian saya sendiri,lalu saya menyusun jurnal ini hingga bisa
dihasilkanya suatu kesimpulan mengarah ke penerapan multimedia di pengembangan media
pembelajaran.(Priyambodo & Khaizuron, 2020)(Priyambodo, 2020)