Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849 e-ISSN: 2548-1398

Vol. 7, No. 9, September 2022

 

SISTEM INFORMASI MARKETPLACE USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KABUPATEN OKU SELATAN BERBASIS WEBSITE

 

Muhammad Faqih Muttaqin, Taqrim Ibadi

Universitas Bina Darma Palembang, Indonesia

Email: mfaqihmuttaqin2001@gmail.com, taqrimibadi@binadarma.ac.id

 

Abstrak

OKU Selatan merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak UMKM dengan beberapa produk unggulan, antara lain, makanan khas, hasil pengrajinan, pertanian serta perikanan. Berdasarkan data UMKM dari dokumen resmi Dinas Koperasi dan Budaya Kabupaten OKU Selatan bahwa total jumlah UMKM OKU Selatan dari tahun 2019 hingga tahun 2021 berjumlah 8.148 UMKM yang terdiri dari 19 Kecamatan.  Produk yang dihasilkan akan dijual kepada masyarakat. Selain memanfaatkan pasar tradisional, masyarakat juga sudah menggunakan media sosial dalam menawarkan barang dagangannya. Pengelolaan kegiatan pemasaran sebagian besar masih bersifat perorangan, sehingga hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab tidak meratanya tingkat perekonomian masyarakat. Sebuah wadah dalam bentuk sistem Marketplace dapat dijadikan sebagai media pemasaran, khususnya bagi masyarakat perorangan dan UMKM. Marketplace memiliki peran penting bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) karena dapat memberikan kemudahan dalam mengelola dan menampung serta menjual produk UMKM OKU Selatan. Pengelolaan penjualan produk UMKM yang terpusat diharapkan dapat meningkatkan transaksi pemasaran, sehingga dapat meningkatkan pendapatan yang berpotensi pada peningkatan tingkat perekonomian masyarakat. Dalam pembangunan Sistem Marketplace metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu Extreme Programming (XP). XP merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang dapat membantu dalam mengembangkan kode yang berkualitas dengan cepat menggunakan pendekatan berorientasi objek. Kualitas pada metode XP merupakan kode yang sesuai dengan desain spesifikasi dan ekspetasi pengguna. Metode Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dan hasil dari penelitian ini adalah sebuah Sistem Informasi Marketplace berbasis website yang dapat membantu UMKM masyarakat Kabupaten OKU Selatan.

 

Kata Kunci: Marketplace; Website; Metode Extreme Programming (XP); Oku Selatan

 

 Abstract

South OKU is one of the districts that has many MSMEs with several superior products, including special foods, handicrafts, agriculture and fisheries. Based on MSME data from the official document of the South OKU District Cooperative and Culture Office, the total number of South OKU MSMEs from 2019 to 2021 is 8,148 MSMEs consisting of 19 sub-districts. The resulting product will be sold to the public. In addition to utilizing traditional markets, people have also used social media in offering their wares. The management of marketing activities is still largely individual, so this can be one of the causes of the uneven level of the community's economy. A container in the form of a Marketplace system can be used as a marketing medium, especially for individual communities and MSMEs. Marketplace has an important role for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) because it can provide convenience in managing and accommodating and selling South OKU MSME products. Centralized management of MSME product sales is expected to increase marketing transactions, so as to increase income which has the potential to increase the level of the community's economy. In the development of the Marketplace System, the software development method used is Extreme Programming (XP). XP is a software development method that can help in developing quality code quickly using an object-oriented approach. The quality of the XP method is code that is in accordance with the design specifications and user expectations. This research method uses a qualitative method and the results of this study are a website-based Marketplace Information System that can help MSMEs in the South OKU Regency community.

 

Keyword: Marketplace; Website; Metode Extreme Programming (XP); Oku Selatan

 

Pendahuluan

Penggunaan internet di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2017, pengguna internet di Indonesia mencapai 54,68% atau setara dengan 143,26 juta jiwa. Perkembangan internet yang cukup pesat ini, tidak hanya dimanfaatkan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.Masyarakat Indonesia juga memanfaatkan internet untuk akses layanan chating, sosial media, browsing, downloading serta email.Dari kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi ini, kemudian mempengaruhi sector-sektor lain dalam kehidupan, seperti bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, angkah dan lainnya.

Dalam menghadapi persaingan era globalisasi Marketplace memberikan peluang besar bagi pelaku UMKM dalam menyampaikan informasi produk baik berupa barang atau jasa dengan menggunakan teknologi internet. Marketplace merupakan pasar secara virtual berbasis internet dimana setiap UMKM dapat memperkenalkan produk dan melakukan transaksi pertukaran barang atau jasa. Marketplace juga dapat dikategorikan sebagai hubungan transaksi secara langsung maupun tidak langsung sehingga Marketplace dapat mempermudah UMKM dalam menyampaikan detail informasi mengenai produk yang mereka pasarkan. Sementara kemudahan selain UMKM, dapat juga dirasakan oleh supplier dalam mempromosikan bahan baku yang tersedia untuk kebutuhan produktivitas UMKM, dalam hal ini supplier dapat mengembangkan perusahaan dengan mengurangi risiko, sehingga keuntungan Marketplace benar dapat dirasakan bagi pelaku UMKM dan supplier dalam mempromosikan produk secara detail (Akbar, M.R., Sarana, Suwondo, 2016). Marketplace juga merupakan tool dalam melakukan perantara informasi antar organisasi yang memungkinkan pembeli dan penjual dapat berpartisipasi untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan dan untuk bekerja samadi bursa komoditas

UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro kecil menengah. UMKM adalah usaha ekonomi produktif yang dijalankan oleh individu atau badan usaha yang berukuran kecil (Utami, 2021). Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia memang cukup pesat selama beberapa tahun terakhir. Namun, masih ada saja masalah Usaha Kecil Menengah (UMKM) Indonesia yang belum diatasi secara maksimal. Terutama Usaha Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Kabupaten OKU Selatan yang masih belum optimal terutama dari aspek pemasaran produknya serta belum memanfaatkan media teknologi informasi secara maksimal. Dan aktifitas penjualan yang dilakukan masih secara konvesional yaitu penjualan produk masih di titipkan di warung-warung sehingga proses penjualan kurang maksimal. 

OKU Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki banyak UMKM dengan beberapa produk unggulan, antara lain, makanan khas, hasil pengrajinan, pertanian serta perikanan. Berdasarkan data UMKM dari dokumen resmi Dinas Koperasi dan Budaya Kabupaten OKU Selatan bahwa total jumlah UMKM OKU Selatan dari tahun 2019 hingga tahun 2021 berjumlah 8.148 UMKM yang terdiri dari 19 Kecamatan. Di antaranya adalah Kecamatan Muaradua, Banding Agung, Buana Pemaca, Buay Pematang Ribu Ranau, Buay Rawan, Buay Runjung, Buay Sandang Aji, Kisam Ilir, Kisam Tinggi, Mekakau Ilir, Muaradua Kisam, Pulau Beringin, Runjung Agung, Simpang, Sindang Danau, Sungai Are, Tiga Dihaji, dan Warkuk Ranau Selatan.

Dari uraian diatas UMKM OKU Selatan menghadapi masalah dalam melakukan pemasaran masih terkendala dalam hal promosi dan pemasaran produk, promosi yang dilakukan masih konvensional dengan mendatangi pasar pasar dan sampai saat ini para UMKM OKU Selatan hanya dapat mempromosikan produk UMKM nya melalui pameran-pameran yang diadakan oleh berbagai instansi pemerintah sehingga cakupan promosinya hanya di daerah OKU Selatan saja, serta pembeli juga masih kurang mengetahui produk apa saja yang diproduksi. UMKM OKU Selatan juga menghadapi masalah dalam hal perincian pemesanan oleh pembeli dan pemesanan produk hanya menggunakan telepon atau bertatap muka langsung. Oleh Karena itu berdasarkan pemaparan dan data yang dikumpulkan maka dibutuhkan sebuah sistem Marketplace yang dapat membantu para UMKM OKU Selatan untuk memasarkan produknya.

Dalam  proses pembangunan Sistem Marketplace akan menggunakan metode Extreme Programming (XP) yang terdiri dari proses Planning (Perencanaan), Design (Perancangan), Coding (Pengkodean), Testing (Pengujian). Berdasarkan latar belakang diatas maka dibangunlah sebuah sistem yang berjudulSistem Informasi Marketplace Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten OKU Selatan Berbasis Website”.

 

Metode Penelitian

Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif, Karena Penelitian Kualitatif adalah penelitian yang tidak menggunakan statistik tetapi melalui pengumpulan data, dan kemudian diinterprestasikan (Moleong, 2018). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang di hadapi pelaku usaha sistem informasi Marketplace pada kabupaten OKU Selatan. Dengan metode ini peneliti akan melakukan pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi dan studi pustaka.

 

Hasil Dan Pembahasan

Hasil

Pada awal bab ini merupakan pembahasan dari hasil dan pembahasan terhadap penelitian yang telah dikerjakan oleh peneliti. Pada tahap ini akan membahas hasil yang di dapat pada peneltian ini, mulai dari target dan tujuan yang dicapai. Semua akan dikemas pada fase hasil ini yang merupakan salah satu fase dari bagian coding, yang merupakan salah satu tahapan dari metode pengembangan sistem Extreme Programming. Hasil yang didapat maka sebuah Sistem Informasi Marketplace Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten OKU Selatan Berbasis Website dengan dibangunya Sistem  informasi ini maka dapat membantu pihak UMKM OKU Selatan dalam mamasarkan produk yang akan dijual.(Muhammad Rizky Akbar, Sarana, Suwondo, 2016)

a.      Dibangunnya sebuah Website Marketplace Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten OKU Selatan.

b.     Para UMKM dapat melakukan pemasaran produk yang akan dijual melalui Website Marketplace yang dibangun.

c.      Pelanggan dapat berbelanja macam-macam produk di Website Marketplace yang dibangun.

 

Pembahasan

 Sistem Informasi ini dirancang dan dibuat untuk membantu para UMKM memasarkan produk yang akan mereka jual melalui Website yang dibangun. Pada bagian ini akan membahas tentang interface dari Sistem Informasi yang dibangun pada bagian web admin, dari interface yang ditampilkan akan dijelaskan bagaimana cara Sistem Informasi tersebut bekerja sesuai dengan kebutuhannya. Berikut merupakan pembahasan dari tampilan Website Marketplace Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten OKU Selatan yang telah dibangun, sebagai berikut ini:

1)     Halaman User

Halaman beranda merupakan halaman pertama kali ditampilkan, dari halaman ini dapat melihat produk unggulan dan produk terbaru.

 

 


 


 

2)     Halaman Pencarian

Halaman pencarian merupakan halaman untuk melakukan pencarian produk yang diinginkan, dari halaman ini dapat melihat info produk yang dicari.

 

 

3)     Halaman Daftar Pembeli

Halaman daftar pembeli merupakan halaman untuk melakukan pendaftaran pembeli, di halaman ini pembeli isi form data dengan lengkap.

 

 

4)     Halaman Login

Halaman login pembeli merupakan halaman untuk melakukan login, di halaman ini masuk dengan memasukan email yang sudah didaftarkan sebelumnya.

 

 

5)     Halaman Daftar Penjual

Halaman daftar penjual merupakan halaman untuk mendaftar sebagai penjual, di halaman ini penjual isi form data dengan lengkap.

 

 

6)     Halaman Lacak Pesanan

Halaman lacak pesanan merupakan halaman untuk melacak pesanan, dari halaman ini dapat melacak pesanan dengan mengisi email dan id pesanan.

 

 

7)     Halaman Detail Produk

Halaman detail produk merupakan halaman untuk melihat informasi detail produk, di halaman ini dapat melihat harga dan spesifikasi serta pilhan pengiriman.

 

8)     Halaman Keranjang

Halaman keranjang merupakan halaman untuk melihat informasi belanja, di halaman ini dapat melihat harga, jumlah serta total pembayaran.

 

 

9)     Halaman Pembayaran

Halaman pembayaran merupakan halaman untuk melihat informasi pembayaran, di halaman ini dapat mengkonfirmasi pembayaran alamat dan no hp dari pelanggan.

 

10) Halaman Bukti Transaksi

Halaman bukti transaksi merupakan halaman untuk melihat informasi bukti transaksi, dari halaman ini dapat melihat bukti transaksi yang dilakukan yang menampilkan kode pesanan.

 

 

11) Halaman Log Pemesanan

Halaman Log Pemesanan merupakan halaman untuk melihat informasi Pemesanan, dari halaman ini dapat melihat proses pemesanan nya.

 

 

12) Halaman Admin

a.     Halaman Login Admin

Halaman login admin merupakan tampilan sebelum mengelola halaman admin. Dari halaman login ini wajib input username dan password.

 

 

b.     Halaman Dashbord Admin

Halaman dashboard admin merupakan halaman untuk melihat informasi apabila berhasil login, dari halaman ini dapat melihat informasi menu yang ada.

 

 

c.      Halaman Kelola Penjual

Halaman kelola penjual merupakan halaman untuk mengelola data penjual, dari halaman ini dapat melihat informasi data penjual.

 

 

d.     Halaman Kelola Pembeli

Halaman kelola pembeli merupakan halaman untuk mengelola data pembeli, dari halaman ini dapat melihat informasi data pembeli.

 

 

e.      Halaman Kelola Kategori

Halaman kelola kategori merupakan halaman untuk mengelola data kategori, dari halaman ini dapat melihat informasi data kategori produk.

 

 

f.      Halaman Kelola Pesanan

Halaman kelola pesanan merupakan halaman untuk mengelola data pesanan, dari halaman ini dapat melihat informasi data pesanan.

 

 

g.     Halaman Informasi Komentar

Halaman informasi komentar merupakan halaman untuk mengelola data komentar, dari halaman ini dapat melihat informasi data komentar yang masuk.

 

 

13) Halaman Penjual

a.     Halaman Login

Halaman login penjual merupakan halaman untuk melakukan login, dari halaman ini masuk dengan mengisi email yang sudah didaftarkan sebelumnya.

 

 

b.     Halaman Dashboard Penjual

Halaman dashboard penjual merupakan halaman untuk melihat informasi apabila berhasil login, dari halaman ini dapat melihat informasi menu untuk penjual.

 

 

c.      Halaman Kelola Produk

Halaman kelola produk merupakan halaman untuk mengelola data produk, dari halaman ini dapat melihat dan mengelola harga keterangan dan foto produk informasi.

 

 

d.     Halaman Kelola Pesanan

Halaman kelola pesanan merupakan halaman untuk mengelola data pesanan, dari halaman ini dapat melihat dan mengelola pesanan.

 

 

e.      Halaman Kelola Pembayaran

Halaman kelola pembayaran merupakan halaman untuk mengelola data pembayaran, dari halaman ini dapat melihat dan mengelola pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan.

 

 

f.      Halaman Laporan Keuangan

Halaman Laporan Keuangan merupakan halaman untuk mengelola data keuangan, dari halaman ini dapat melihat dan mengelola pengiriman pesanan berdasarkan data keuangan.

 

 

Kesimpulan

Berikut merupakan kesimpulan dari hasil penelitian yang berjudul Sistem Informasi Marketplace Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten OKU Selatan Berbasis Website ini, adapun kesimpulannya sebagai berikut ini, antara lain: 1). Sistem Informasi Marketplace Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten OKU Selatan telah dibangun berbasis Website. 2). Sistem Informasi Marketplace Berbasis Website ini dapat membantu para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten OKU Selatan untuk memasarkan produk yang akan dijual. 3). Sistem Informasi Marketplace Berbasis Website ini juga dapat mempermudah dan membantu masyarakat untuk mencari dan membeli produk unggulan yang dipasarkan di website ini.

 


BIBLIOGRAFI

 

Akbar, M.R., Sarana, Suwondo, A. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi UKM Sebagai Sarana Perdagangan Batik dengan Marketplace di Pekalongan, Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif SEMARANG. 01(2477–2097).

 

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305

 

Muhammad Rizky Akbar, Sarana, Suwondo, A. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Ukm Sebagai Sarana Perdagangan Batik Dengan E-Marketplace Di Pekalongan. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif SEMARANG, 1(Mic), 562.

 

Utami, S. N. (2021). UMKM: Pengertian, Tujuan, Karanteristik, Jenis, dan Contohnya. Www.Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/19/100000869/umkm--pengertian-tujuan-karanteristik-jenis-dan-contohnya

 

Copyright holder:

Muhammad Faqih Muttaqin, Taqrim Ibadi (2022)

 

First publication right:

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia

 

This article is licensed under: